Jumat, 24 November 2023. Sebagai salah satu Unit yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan dan karir mahasiswa, Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (UPKK) UIN Mataram melihat pentingnya memberikan pemahaman dan keterampilan digital marketing kepada mahasiswa. Oleh karena itu, pada tanggal 22-23 November 2023, bertempat di Gedung Training Center UIN Mataram, diselenggarakan kegiatan Workshop Digital Marketing bagi mahasiswa UIN Mataram. Kegiatan  ini diinisiasi sebagai bagian dari upaya UPKK UIN Mataram dalam membekali mahasiswa dengan pengetahuan praktis yang dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia bisnis dan karir.

Kegiatan Workshop Digital Marketing ini dibuka langsung oleh Kepala UPKK UIN Mataram, Dr. Muhammad Harfin Zuhdi, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya bagi mahasiswa untuk selalu adaptif terhadap perubahan, terutama pada era digitalisasi industri saat ini yang perubahannya sangat cepat dan signifikan. Sementara itu, Muhammad Rido selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh respon akan kompleksitas tuntutan dunia kerja, dimana terdapat gap yang cukup besar antara kualitas lulusan perguruan tinggi (supply) dengan spesifikasi yang diminta dunia kerja (demand). Hal tersebut terungkap dari fakta kontradiktif bahwa lulusan perguruan tinggi sangat kesulitan mendapatkan pekerjaan, sementara dunia kerja juga mengalami kesulitan dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan spesifikasi mereka. Sehingga UIN Mataram sebagai sebuah perguruan tinggi yang merupakan laboratorium dalam menciptakan generasi penerus, harus adaptif dalam memenuhi ekspektasi dunia kerja melalui peningkatan kualitas pendidikan dan penyelenggaran program peningkatan skill mahasiswa secara berkelanjutan.

Setelah pembukaan kegiatan atau sebelum materi dimulai, Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag menyempatkan hadir untuk memberikan pengarahan kepada para peserta. Dalam arahannya, beliau sangat mengapresiasi kegiatan Workshop Digital Marketing ini serta semangat tinggi dari para peserta yang seluruhnya merupakan mahasiswa UIN Mataram. Beliau juga menyampaikan dukungannya kepada UPKK UIN Mataram untuk meningkatkan intensitas kegiatan yang menunjang skill mahasiswa, terutama yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi. Karena UIN Mataram sebagai lembaga di bawah naungan Kementerian Agama sangat berkomitmen untuk mendukung transformasi digital yang menjadi stressing program dari Menteri Agama.

Kegiatan Workshop Digital Marketing kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Terdapat empat materi utama yang disajikan kepada para peserta, diantaranya (1) Pengenalan Digital Marketing, Riset dan Analisis Pasar, (2) Strategi Konten Digital dan Pemasaran Melalui Media Sosial, (3) Strategi SEO, SEM dan E-mail Marketing dan Automasi, serta (4) Analisis Kinerja, Optimasi, Penilaian dan Sertifikasi.

Share This

Share this post with your friends!