Rabu, 8 Mei 2024. Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram melaksanakan kunjungan ke Prodi Kewirausahaan FEB Universitas Brawijaya Malang untuk benchmarking kurikulum. Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Dekan 1 FEBI UIN Mataram Dr. Baiq EL Badriati, M.E.I., bersama rombongan lainnya Restu Fahdiansyah, M.S.A (Ketua Prodi Kewirausahaan), Muhammad Rido, M.M (Sekretaris Prodi Kewirausahaan), dan Sofia Mauizhotun Hasanah. M.E.I (Gugus Penjaminan Mutu Fakultas).

Bertempat di Meeting Room Departemen Manajemen FEB UB, rombongan Prodi Kewirausahaan FEBI UIN Mataram diterima langsung oleh Radityo Putro Handrito, SE., M.M., Ph.D. (Sekretaris Departemen Manajemen) Bersama Prof. Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D. (Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Kampus Jakarta)
Raditha Dwi Vata Hapsari, SE., M.M., Ph.D. (Ketua Program Studi Kewirausahaan FEB UB), dan Adelia Shabrina Prameka, SE., MBA., M.M. (Kepala Laboratorium Kewirausahaan FEB UB).

Benchmarking ini merupakan bagian dari beberapa rangkaian proses yang dilakukan oleh Prodi Kewirausahaan FEBI UIN Mataram dalam pengembangan kurikulum. Hal ini menjadi penting karena sebagai Prodi baru, Prodi Kewirausahaan FEBI UIN Mataram harus memiliki benchmark dari praktik terbaik untuk dipelajari dan diadaptasi dalam pengembangan kurikulum dan pengelolaan Prodi ke depannya. Pengukuran pencapaian secara berkesinambungan dan membandingkan proses dengan Prodi terbaik akan sangat membantu dalam mengidentifikasi dan mengiplementasikan peningkatan proses akreditasi prodi yang unggul. Dan Prodi Kewirausahaan FEB UB adalah pilihan terbaik karena merupakan Prodi Kewirausahaan pertama di Indonesia yang terakreditasi unggul oleh LAMEMBA.

Dalam sharing dan diskusi antar Prodi Kewirausahaan ini, fokus utama yang digali adalah strategi dan proses yang dilakukan Prodi Kewirausahaan FEB UB dalam mengembangkan kurikulum. Beberapa hal yang mereka lakukan dalam pengembangan kurikulum diantaranya adalah dengan membagi fase yang harus dilalui mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang unggul dan tercermin dalam peta mata kuliah. Fase pertama adalah mindset changing pada tahun pertama perkuliahan. Fase kedua disebut dengan kreativitas dan inovasi yang dijalani pada tahun kedua. Dan fase ketiga yaitu komersialisasi yang diimplementasi melalui program praktikum dan pameran kewirausahaan.

Setelah menyelesaikan sharing dan diskusi, rombongan Prodi Kewirausahaan UIN Mataram diajak berkeliling mengunjungi berbagai fasilitas penunjang dan unggulan yang dimiliki Prodi Kewirausahaan FEB UB, diantaranya Laboratorium Kewirausahaan yang memiliki peran krusial dalam membantu Prodi mencetak wirausaha sukses sesuai profil lulusan yang dicitakan.

Share This

Share this post with your friends!