Select Page

about us

PROFIL Febi UIN Mataram

Banyaknya bank konvensional yang membuka layanan syariah, disamping tentu telah banyaknya lahir bank-bank syariah baru. Saat ini tercatat beberapa bank umum yang telah membuka pelayanan syaria’ah yakni , Bank Syaria’ah Danamon, BRI Syaria’ah, BCA Syaria’ah, dan lain-lain. Dan tentunya semakin semaraknya masyarakat mendirikan Bank Perkreditan Syaria’ah (BPRS) dan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) menjadi bukti bahwa sistem perbankan syaria’ah mulai diterima dan bahkan akan menjadi sistem perbankan alternatif. Hal itu menunjukkan bahwa akan terus banyak dibutuhkan dan diperlukan tenaga-tenaga profesional perbankan syaria’ah pada saat ini maupun akan datang.

Banyaknya lulusan Madrasah Aliyah maupun SMU yang lebih memilih kuliah ke perguruan tinggi umum hanya dikarenakan program studi perguruan tinggi umum terlihat lebih prospektif, lebih marketable dan menjanjikan bidang lapangan kerja yang lebih luas. Padahal baik lulusan MA ataupun SMU merupakan basic-source calon mahasiswa. Oleh karenanya diperlukan terobosan pembukaan program studi baru di lingkungan Universitas Islam Negeri Mataram yang lebih aplikatif dan ditunjang dengan jaringan pengelolaan dan pemagangan yang profesional. Universitas Islam Negeri Mataram terletak di wilayah sentra ekonomi dan kawasan industri yang banyak dikelilingi berbagai jenis industri, unit usaha serta berbagai lembaga keuangan. Wilayah ini sangat kondusif bagi kegiatan akademis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Didirikannya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram menjadi semacam simbiosis mutualisme antara dunia pendidikan dengan dunia usaha.

Experience a new age of intelligence

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam adalah jalur pendidikan yang aplikatif dan sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan bidang ekonomi khususnya sektor perbankan Nasional serta memenuhi tantangan perkembangan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat modern saat ini dan akan datang.

Profil ini menyajikan gambaran umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sebagai bagian dari dunia perguruan tinggi yang mengemban amanat mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang ilmu ekonomi dan bisnis Islam. Profil ini dapat menjadi informasi awal sekaligus bahan kajian untuk koreksi konstruktif dari pihak-pihak terkait bagi pengembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram.

Visi

Unggul dalam Tata Kelola untuk Penguatan Ekonomi dan Bisnis secara Integratif pada Tahun 2022

Misi

  • Pendidikan dan Pengajaran
      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu ekonomi berbasis keislaman yang terintegrasi dengan perkembangan ekonomi dan bisnis
  • Penelitian
      Mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis islam
  • Pengabdian Masyarakat
      Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis islam
  • Pengembangan Jaringan
      Membangun network dengan berbagai pihak dalam pengembangan sosial ekonomi masyarakat
Dr. Riduan Mas'ud, M.Ag

Dr. Riduan Mas'ud, M.Ag

Dekan

Dr. Baiq El Badriati, M.E.I

Dr. Baiq El Badriati, M.E.I

Wakil Dekan 1

Dr. Khairul Hamim, MA

Dr. Khairul Hamim, MA

Wakil Dekan 2

Dr. Muhammad Yusup, M.S.I

Dr. Muhammad Yusup, M.S.I

Wakil Dekan 3

Program Studi

Dosen

Mahasiswa

Alumni

Contact

febi@uinmataram.ac.id
(0370) 621-298
Jln. Gajah Mada No.100 Mataram, NTB

Sosial Media

Mau terus update informasi tentang kami ?
Ikuti kami terus di sosial media.

Copyright © 2022 Febi UIN MATARAM All Rights Reserved | Designed by Wahyu Ramadhan
ArabicEnglishIndonesian