Pada tanggal 17 Agustus 2023 telah dilaksanakan acara Semarak Kemerdekaan oleh Himpunan Mahasisa Program Studi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Mataram Kabinet Pergerakan dengan tema “Sambut Kemerdekaan Eratkan Persaudaraan Kokohkan Persatuan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kampus II Uin Mataram pada Kamis, (17/8) yang diikuti oleh Mahasiswa jurusan Perbankan Syariah. Kegiatan ini dilaksankan untuk membangun jiwa-jiwa Nasionalisme para Mahasiswa.

Acara dibuka dengan laporan dari Erika Amalia selaku ketua panitia kegiatan semarak kemerdekaan, yang di lanjukan dengan sambutan ketua HMPS Perbankan Syariah, Ketua SEMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Para peserta sangat antusias terhadap kegiatan yang diadakan oleh panitia tersebut. Setelah acara pembukkan berakhir dilanjutkan dengan acara pemotongan pita dan jalan santai. Setelah acara jalan santai, panitia menyiapkan beberapa perlombaan yaitu, lomba lompat karung, lomba estafet klereng, dan lomba makan kerupuk.

Setelah perlombaan berakhir, para peserta diarahkan untuk membuat lingkaran dan dilanjutkan dengan acara colour fun, dan kegiatan tersebut sekaligus menjadi acara penutup di kegiatan semarak kemerdekaan tersebut.