Jum’at, 9 Juni 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram gelar Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Zona Integritas menghadirkan Narasumber Ibu Diyah Rochati, S.E., MH., dari Universitas Islam Negeri Salatiga turut hadir Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Wakil Rektor III Bapak Dr. Subhan Abdullah Acim, M.A., Kepala Biro AAKK Bapak Dr. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag bersama jajaran tim Zona Integritas sejumlah 33 orang bertempat di Ruang Aula FEBI UIN Mataram.

Pilot Project Zona Integritas FEBI UIN Mataram tahun ini, selaku Ketua Pokja Zona Integritas adalah Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., didampingi oleh Sekretaris Bapak Rusman Azizoma, M.Acc., turut mengikuti 8 Area Cakupan Pokja serta Tim Survey Pembangunan Zona Integritas dan Tim Pengendalian Gratifikasi.

Dekan FEBI UIN Mataram, dalam sambutannya, tahun 2023 adalah tahun ke-2 FEBI diamanahkan dalam pilot project dari Zona Integritas, berbading lurus dengan jargon dari Rektor UIN Mataram, Cendekia Terbuka dan Unggul, akan menciptakan ruang keterbukaan dari berbagai lini dan menjadi pendukung untuk terus berkomitmen serta bertanggungjawab dalam mewujudkan hal ini dengan perubahan struktural organisasi baik dari ketua dan tim, Insya Allah akan banyak hal baru didukung dengan SDM yang dimiliki dari berbagai lini bidang perencanaan evaluasi dan pengontrol, terjalin komunikasi yang intens terutama untuk input (submit) data yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama. Beliau juga berpendapat, FEBI sebagai pilot project Zona Integritas ini merupakan tanggungjawab yang luar biasa dan harus menjadi prototype di fakultas lain terutama soal anggaran, perencanaan, eksekusi dan pengawasan.

Rektor UIN Mataram, juga dalam hal ini berterima kasih kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam melaksanakan project Zona Integritas ini tentunya dengan semangat baru dan harapan bisa bekerja dengan maksimal nantinya. Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., berpendapat mengapa FEBI menjadi pilot project atas pertimbangan akademik, kelayakan baik administratif serta substantif bersama tim, disamping juga penguatan internal dan eksternal guna menciptakan tradisi yang bersih terhadap bagaimana melayani, menjaga integritas personal dan institusi UIN Mataram menuju Good University Governance yang juga menjadi bagian dari roadmap UIN Mataram.

Selanjutnya, pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Diyah Rochati, S.E., MM., terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), merupakan program nasional dalam upaya pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi di Indonesia yang menjadi prioritas Kementerian Agama. Selanjutnya, pencanangan Zona Integritas mencakup deklarasi/pernyataan dari pimpinan satker bahwa unit kerja telah siap membangun Zona Integritas dirangkai dengan penandatanganan dokumen pakta integritas oleh seluruh/sebagian pimpinan dan pegawai.

Ibu Diyah Rochati, juga menjelaskan beberapa langkah strategi membangun Zona Integritas, diantaranya Komitmen pimpinan dan semua civitas akademika dengan melibatkan bawahan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan menularkan semangat dan visi yang sama; Kemudahan pelayanan dengan menyediakan fasilitas lebih baik dan semangat Hospitality untuk kepuasan publik; Program yang menyentuh masyarakat sehingga membuat masyarakat merasakan kehadiran unit kerja tersebut; Monitoring dan evaluasi, dimana melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap di jalurnya; dan Manajemen media dimana menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat. Tidak lupa, beliau juga mengingatkan beberapa tugas satker predikat WBK & WBBM diantaranya, (1) menyebarkan contoh yang baik kepada unit kerja lainnya; (2) mempertahankan integritas dan memperketat pengawasan; (3) menjaga kepercayaan masyarakat; (4) meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Share This

Share this post with your friends!