Sejumlah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Mataram mengikuti Seminar Kelestarian Keusahawanan (Kewirausahaan) Wanita Negeri Perak yang diselenggarakan di Institut Latihan Perindustrian (ILP) Ipoh, Perak, Malaysia padatanggal 7 Maret 2024.

Perwakilan mahasiswa dan mahasiswi tersebut diantaranya:
Muhammad Hisyam (Ekonomi Syariah), Eufoni Aulia Putri (Ekonomi Syariah), Baiq Zuwina Anggela Putri (Perbankan Syariah), Atika Kurnia Sari (Perbankan Syariah), Muhammad Zaky Haykal Akbar (Pariwisata Syariah), dan Baiq Icha Ameliya Putri Husnanu (Pariwisata Syariah).

Seminar ini menghadirkan dua pembicara yaitu Pn. Shareen Shariza Dato’ Abdul Ghani dari Start Up Company dan Prof. Dr. Mohd HassanMohd Osman.

Pemateri pertama, yaitu Pn.Shareen Shariza memaparkan materi tentang Start Up Sorga Innovation,sebuah perusahaan sosial yang bergerak di bidang pelatihan dan pemberdayaan terapis dan pasca-natal.

“Sorga Innovation didirikan pada tahun 2016 dan telah mencapai berbagai prestasi,termasuk dinominasikan sebagai Best Health/Med Tech Start Up oleh Rice Bowl Start-upAwards 2017 & 2018,” ujar Pn. Shareen Shariza.

Lebih lanjut, beliau juga berbagi tips tentang ekspor produk ke luar negeri. “Untuk mengekspor produk ke luar negeri tidaklah sulit, karena ada orang Malaysia yang jual tempoyak ke London hanya lewat aplikasi Shopee. Dengan catatan, customer adalah perorangan bukan industri agar tidak terikat dengan aturan ekspor-impor antar negara,” terangnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Mohd Hassan Mohd Osman membahas tentang pentingnya kemasan produk yang sempurna. “Kemasan produk yang sempurna adalah yang memiliki logo halal, logo produk, dan tanggal kadaluwarsa. Adapun kemasan harus menarik, tahan lama, dan memiliki informasi nilai gizi,” paparnya.

Seminar ini diikuti oleh 150 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei, Kamboja, Turki, dan Singapura.