Senin, 26 September 2022. Mahasiswa Program Studi Pariwisata Syariah melangsungkan rapat perihal persiapan kegiatan HTFESTCON (Halal Tourism Festival and Conference) dengan tema “The First Gen Z Halal Tourism Festival and Conference” yang rencananya akan digelar pada bulan November mendatang. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Dekan FEBI dihadiri oleh Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Sekretaris Program Studi Pariwisata Syariah Bapak Wahyu Khalik, M.Par., Ketua Panitia HTFESTCON Kak Zuhair Afif Al Fatah beserta panitia inti lainnya.

Dengan pertumbuhan pariwisata di Nusa Tenggara Barat yang begitu pesat dibuktikan dengan telah ditetapkannya pulau Lombok sebagai satu destinasi tujuan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia yang kuat dalam hal pelaksanaan dan pengembangannya. Mengenai hal tersebut, Mahasiswa semester 5 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram akan menyelenggarakan event MICE sebanyak 73orang dikemas dalam agenda HTFESTCON (Halal Tourism Festival and Conference) guna mewadahi masyarakat umum dan akademisi memperoleh ilmu serta informasi sebanyak-banyaknya melalui kegiatan Conference dan Halal Tourism. Kegiatan ini nantinya disusun mulai dari Seminar dengan tema “Pengenalan Halal Tourism Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata di NTB”, selanjutnya Konferensi yang akan dilangsungkan secara hybrid lalu ditutup dengan agenda Festival Budaya dan Fashion Show mengusung tema 3 suku yang ada di NTB yaki SASAMBO (Sasak, Samawa, Mbojo) baik tarian adat, lagu daerah, makanan tradisional dan pakaian tradisional serta Konser dan Bazar di hari puncak nantinya.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses serta memiliki gaung tidak hanya di level Nasional, namun hingga Internasional dengan melibatkan mahasiswa lintas universitas baik di dalam dan luar negeri untuk mengisi sebagai narasumber atau peserta. Kegiatan ini akan didukung penuh oleh jajaran pimpinan FEBI dan menjadi tabungan akreditasi yang sangat berguna kedepannya.

Bapak Wahyu Khalik, M.Par., juga menerangkan kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas praktikum dari mata kuliah MICE untuk meningkatkan dan mengembangankan kemampuan serta sikap mahasiswa yang kreatif. Beliau juga menerangkan saat ini panitia juga sudah bergerilya untuk mengajukan proposal kegiatan ke beberapa lembaga dan instansi guna mendukung suksesnya kegiatan ini.

Share This

Share this post with your friends!