Kamis, 14 April 2022. Bapak Rachmat Ryanto selaku Manajer Sistem Pembayaran Bank Indonesia Perwakilan NTB bersama staffnya Bapak Rizky Reflizar mengunjungi FEBI UIN Mataram guna survey kesiapan agenda Seminar Nasional dengan tema “Membangun Literasi Keuangan Non Cash” di hari Senin, 25 April 2022 mendatang.

Kegiatan Seminar Nasional ini akan dihadiri oleh Walikota Mataram Bapak H. Mohan Roliskana, Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTB Bapak Heru Saptaji sebagai narasumber, Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag sebagai Keynote Speaker, turut hadir Direktur Utama Bank NTB Syariah Bapak H. Kukuh Raharjo, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram Bapak Drs. M. Saleh yang akan membagi sukses story dari penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di kota Mataram.

Bapak Rachmat Ryanto menerangkan konsep dari Seminar Nasional ini adalah QRIS Goes To Campus dengan harapan peningkatan literasi keuangan digital dan harapan besar Usage (Pemakaian) dari QRIS bisa lebih digaungkan ke mahasiswa/i UIN Mataram dan masyarakat pada umumnya agar bertransaksi non tunai (cashless). Mengingat ungkapan dari Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag, kita bisa memilih Ditinggal atau Digital. Jika hanya mengandalkan penyampaian materi tanpa ada user experience dirasa kurang bermakna, lanjutnya.

Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag menegaskan siap mendukung peningkatan literasi digital dan usage (pemakaian) dari QRIS tersebut dengan sudah disiapkan data Kantin yang sudah siap untuk dibuatkan QRIS tidak menutup kemungkinan ke unit-unit lain yang ada di UIN Mataram seperti Unit perpustakaan, administrasi ijazah dan infaq di Masjid UIN Mataram bisa menggunakan QRIS dimana unit ini sudah pakai 1 induk rekening jadi gampang untuk dieksekusi.

Mekanisme dari Kegiatan Seminar Nasional ini, menargetkann 400 mahasiswa akan menjadi peserta gabungan dari FEBI dan fakultas lain. Peserta nantinya diharuskan memiliki akun m-banking atau akun selain m-banking layaknya Aplikasi Gopay, Ovo, Dana, Linkaja, Shopeepay dll dengan status akun sudah premium dan setidaknya memiliki saldo minimal Rp. 1000,- guna registrasi saat agenda berlangsung dengan tujuan peserta mendapatkan user experience dari QRIS dan pihak Bank Indonesia sudah menyiapkan giveaway dan merchandise bagi peserta yang memiliki akun premium tersebut.

Sebagai langkah awal, calon peserta dari agenda seminar ini harus mengisi googleform untuk dapat dilacak apakah sudah memiliki akun dengan status premium dari salah satu aplikasi e-wallet diatas, jika terdapat kendala calon peserta dapat menghubungi ke bagian Administrasi Umum dan Tata Usaha FEBI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Harapan besar FEBI kepada Bank Indonesia, bahwa FEBI nantinya bisa menjadi pilot ekosistem keuangan digital dan didukung dengan adanya pembukaan Calon Duta QRIS dalam agenda ini dapat meningkatkan literasi keuangan digital dan akuisisi QRIS nantinya.

Share This

Share this post with your friends!