Jum’at, 11 Agustus 2023. Universitas Islam Negeri Mataram gandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia gelar Kuliah umum dengan tema “Peningkatan Daya Saing Alumni Melalui Sertifikasi Kompetensi”, menghadirkan narasumber Bapak Miftakul Azis, M.H., selaku Wakil Ketua BNSP RI dan turut hadir Rektor UIN Mataram, Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Wakil Rektor I sekaligus Dewan Pengarah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UIN Mataram Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., Wakil Dekan I FEBI sekaligus Ketua Skema LSP UIN Mataram Ibu Dr. Baiq EL Badriati, M.E.I., Ketua LSP UIN Mataram Bapak Gatot Suhirman, M.S.I dan tim, Bapak Jauhar Faradis, S.H.I., M.A., CMA., dari LSP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bapak Dimas Andyan Indra Dhanurukma, B.IT., M.M., selaku Master Asesor dari BNSP., seluruh Dekan Fakultas di UIN Mataram dan mahasiswa sebanyak 500 orang bertempat di Auditorium UIN Mataram.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Mataram berterima kasih kepada Gus Miftakul Azis, akan memberikan literasi dan motivasi kepada mahasiswa UIN Mataram yang siap untuk disertifikasi kompetensi dengan tujuan untuk menambah daya tarik dan memenuhi regulasi standar dari setiap stakeholder. UIN Mataram tentunya juga akan membekali mahasiswa dengan skill intelektualitas, spiritualitas dan melalui kuliah umum dengan tujuan Civitas Akademika memiliki satu visi untuk saling memajukan kampus, dimana visi misi UIN Mataram sangat besar dan multi purpose membutuhkan sinergi dan kolaborasi antar stakeholder untuk masa depan civitas akademika dan mahasiswa UIN Mataram lebih baik. Beliau juga berharap LSP UIN Mataram secepatnya mendapatkan lisensi dari BNSP RI agar lulusan UIN Mataram sudah mendapatkan sertifikasi profesi sebagai bekal khusus nantinya.

Selanjutnya, sambutan juga disampaikan oleh Bapak Wakil Ketua BNPS RI, bahwa hari ini adalah momentuk terbaik dimana angka usia produktif di Indonesia lebih banyak dan meningkat jika dibandingkan dengan usia tidak produktif. Dalam ruang lingkup Perguruan Tinggi, memiliki tantangan semakin banyak tetapi tidak menjadi alasan bersikap pesimis, karena melihat SDM lebih spesifik kepada ekosistem ketenagakerjaan merupakan tantangan yang harus dihadapi seklaigus menjadi peluang terbaik.

Penyerahan Berkas LSP UIN Mataram oleh Rektor UIN Mataram kepada Wakil Ketua BNSP RI

Beliau juga memaparkan terkait tantangan di usia produktif harus memiliki produktifitas dan daya saing di waktu yang bersamaan menghadapi Revolusi Industry 4.0, sudah banyak terjadi disruption pasar kerja yang diprediksi sebanyak 13 juta jabatan kerja akan hilang berkaitan dengan hal tersebut. Lini pendidikan harus melihat profil lulusan dari setiap Program Studi apakah masih relevan dengan kebutuhan pasar agar mampu bertahan, bersaing dan berkembang dengan kompetensi yang kita miliki agar in line dengan ruang lingkup kerja.

Sumber Foto: UIN TV

Share This

Share this post with your friends!