Rabu, 5 Oktober 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram terima kunjungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol yang dihadiri oleh Wakil Dekan I Ibu Dr. Rozalinda, M.Ag., Wakil Dekan II Bapak Dr. Lukmanul Hakim, M.Ag., Kabag TU Ibu Zariul Eliza, S.Sos., Sub Koordinator Administrasi umum dan Keuangan Bapak Suardi, M.Si., Kaprodi Manajemen Perbankan Syariah Ibu Sri Ramadhan, M.Si., Sekprodi Manajemen Bisnis Syariah Bapak Rangga Wisanggara, M.M., Dosen FEBI UIN Imam Bonjol Ibu Trinitaria Marlis Putri, M.M., Staff Subbag Umum Bapak Muhammad Ridha, S.E., Pengelola Keuangan Ibu Fitri Mayeni, S.Hum turut dihadiri oleh Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.Si., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A dan Bapak Gatot Suhirman, M.Si., Kaprodi dan Sekprodi Perbankan Syariah Bapak Dr. Sanurdi, M.Si dan Bapak Imronjana Syapriatama, M.SEI., Kaprodi dan Sekprodi Pariwisata Syariah Bapak Muhamad Johari, M.Si dan Bapak Wahyu Khalik, M.Par., Kabag TU Bapak H. Sanusi, M.M., Bendahara Pembantu Pengeluaran FEBI Bapak H. Muhasibin, M.H.I dan Sub Koordinator Administrasi umum dan Keuangan Bapak Yasni, S.Sos., bertempat di Ruang Aula FEBI UIN Mataram

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., menyampaikan berbagai macam hal untuk bisa menjadi program studi yang unggul dan beliau berharap FEBI UIN Imam Bonjol dan FEBI UIN Mataram dapat saling mentransfer knowledge kepada mahasiswa nantinya. Beliau juga mengenalkan 3 Program Studi di FEBI UIN Mataram yakni Prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah dengan total mahasiswa sejumlah 3700org. FEBI UIN Mataram juga sudah melakukan kerjasama internasional dengan beberapa kampus di Malaysia, seperti UiTM (Universitas Teknologi Mara) dan UUM (Universiti Utara Malaysia) untuk MBKM serta besar harapan bisa melakukan hal yang sama dengan FEBI UIN Imam Bonjol.

Bapak Dr. Lukmanul Hakim, M.Ag., menyampaikan terima kasih sudah diterima dandisambut dengan luar biasa di FEBI UIN Mataram dan menyampaikan tujuan kunjungan ke FEBI UIN Mataram kaitan dengan pengembangan program studi di FEBI UIN Imam Bonjol dan melakukan MBKM dengan terbitnya juknis terkait hal tersebut perlunya ada kesiapan dan peluang-peluang yang ada untuk dilakukan oleh mahasiswa. Kolaborasi riset yang akan dikembangkan tentunya sudah dilakukan sejak awal antar lintas fakultas melalui forum AFEBIS. Terkait pengembangan program studi ini, beliau akan merancang pembukaan program studi baru yakni Pariwisata Halal maka dibutuhkan informasi bagaimana menyusun distingsi yang menarik di Sumatera Barat dan Lombok, melihat secara nasional ada 10 pengembangan destinasi wisata halal termasuk didalamnya NTB dan Sumatera Barat. Menurut beliau, Universitas Islam Negeri harus berbenah melihat saingan kita tidak hanya antarsesama UIN namun Perguruan Tinggi lainnya.

Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.Si., menerangkan program studi tertua di FEBI UIN Mataram yakni Ekonomi Syariah yang sudah lahir sejak berada di Fakultas Syariah selanjutnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dan terakhir FEBI. Beliau menyampaikan semoga FEBI UIN Imam Bonjol dapat membantu perihal pembekalan proses prodi unggul. Untuk program studi Pariwisata Syariah, dari segi minat mahasiswa untuk sekarang cukup tinggi mengingat sudah terbit Perda terkait pariwisata halal dan menjadi rujukan pembentukan program studi baik dari desain kurikulum, proposal pembangungan program studi di PTKIN lainnya. FEBI UIN Mataram saat ini sedang dalam proses untuk program studi baru yakni S1 Kewirausahaan melihat permintaan dari Kementerian Agama, UIN Mataram harus memiliki program studi umum, insya allah tahun depan sudah dapat berjalan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada FEBI UIN Imam Bonjol sudah memilih untuk benchmarking ke FEBI UIN Mataram, sharing berbagai hal dan berencana akan membalas kunjungan ke FEBI UIN Imam Bonjol nantinya.

Share This

Share this post with your friends!