Selasa, 19 April 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan kegiatan Workshop dan Review Kurikulum MBKM FEBI dengan mengundang narasumber Ibu Prof. Dr. Euis Amelia, M.Ag dan Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si, dari Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag, Kepala Biro AAKK dan AUPKK Bapak Drs. H. Subuhi, M.Pd.I, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Wakil Dekan 1 Ibu Dr. Baiq EL Badriati, M.E.I, Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A, Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.Si, Kaprodi dan Sekprodi dan Seluruh Dosen Prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Pariwisata Syariah.

Dalam kegiatan ini, Wakil Rektor I memberikan sambutan terkait pentingnya kurikulum yang menjadi kewajiban dan pendukung dari akreditasi harus dibuat silabus oleh ahli yang dibidangnya dan mengacu kepada mata kuliah. Harapan dari beliau, mata kuliah tersebut harus memenuhi syarat terintegrasi keilmuannya dan moderasi beragamanya dan per bulan Mei sudah clear distribusi mata kuliah, sehingga MBKM bisa dilakukan secepatnya.

Selanjutnya, Dekan FEBI menerangkan bahwa FEBI memiliki peluang besar untuk melakukan MBKM dengan mitra yang sudah mengajukan sinergi dengan FEBI contohnya, dari Prodi Perbankan Syariah untuk implementasi MBKM yang akan bermitra dengan Bank NTB Syariah. Prodi Pariwisata Syariah bisa bersinergi dengan Ketua Himpunan Pariwisata Syariah untuk mengembangkan desa wisata dan beberapa perhotelan dengan produk halal. Untuk Prodi Ekonomi Syariah sudah bersinergi dengan BAZNAS dimana mahasiswa ekonomi syariah menjadi garda terdepan dalam program ZISWAF. Dekan FEBI juga sudah melakukan meeting dengan UiTM Malaysia untuk siap mengirim mahasiswa FEBI untuk melakukan MBKM disana. Harapan besarnya dari agenda ini bagaimana membangun integrasi sistem untuk melakukan MBKM dengan mudah dan kurikulum apa yang cocok untuk menjawab tantangan kedepan dalam penerapan MBKM untuk FEBI menjadi Smart Faculty.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Euis Amelia, M.Ag dan Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si yang membahas tentang bagaimana Universitas menjadi motor kemajuan peradaban lebih baik bagi kemanusiaan dan alam lingkungan, termasuk lewat pengembangan Ekonomi Syariah. Perlu fungsi dan peran universitas untuk mengembangkan program lintas negara dalam berbagai bidang dan mengembangkan jejaring keilmuan dan kademisi internasional untuk terus meningkatkan rekognisinya termasuk bidang Ekonomi Syariah. Adapun tahap-tahapnya, (1) Good University Governance; (2) University’s Performance Improvement; (3) Competitive Advantages University; (4) Globally Recognize University.

Share This

Share this post with your friends!