Rabu, 8 Maret 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram menggelar Studium Generale dengan tema “Mengajak Generasi Muda Tangkap Peluang Era Ekonomi Digital” menghadirkan narasumber Bapak Dr. Anton Bawono, M.S.I., salah satu Dosen dari FEBI UIN Salatiga dan juga menjabat sebagai Asesor BAN-PT, turut dihadiri oleh Wakil Rektor III UIN Mataram Bapak Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Bapak Dr. Muhamad Saleh, M.A., Jajaran Dekan FEBI, Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah, Bapak/Ibu Dosen, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa FEBI UIN Mataram dengan jumlah peserta sebanyak 1000 orang bertempat di Auditorium UIN Mataram.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., dalam sambutannya menjelaskan era disrupsi digital sudah bisa dirasakan hingga saat ini, salah satu contohnya dari sisi Perbankan dimana memiliki tugas menghimpun dan menyalurkan dana, dimana era disrupsi saat ini peran services (payment & pembiayaan) juga menjadi tolak ukur sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengarah ke sektor pendidikan. Beliau mengajak kepada mahasiswa/i agar mengambil peran dalam hal ini, didukung dengan wawasan teknologi yang memadai, membaca peluang dan tantangan di masa yang mendatang. Dengan kehadiran narasumber Dr. Anton Bawono, M.S.I, akan memaparkan tentang peran mahasiswa terhadap konsep-konsep berbau digital. Beliau berharap mahasiswa/i FEBI kedepannya dapat menjawab peluang yang ada di masa mendatang melalui studium generale hari ini.

Selanjutnya, Bapak Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., mewakili Rektor UIN Mataram, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Dr. Anton Bawono, M.S.I., yang telah menyempatkan hadir ditengah mahasiswa/i FEBI UIN Mataram dalam agenda ini yang merupakan ahli di bidang keuangan digital. Beliau juga mengajak mahasiswa/i agar merefleksikan diri untuk menjawab peluang di masa mendatang, bekerja keras, taat proses dan aturan, tidak boleh merasa gagal demi masa depan yang baik tentunya dibekali dengan wawasan di bidang IT mumpuni.

Dalam kesempatan ini, Bapak Dr. Anton Bawono, M.S.I., menyampaikan materi dengan tema “Konformasi Kaum Milenial Menangkap Peluang Era Ekonomi Digital”, memuat perkembangan teknologi dari sisi financial dan fintech syariah telah mengalami perkembangan yang pesat meliputi seluruh bidang dalam kehidupan manusia yang disesuaikan dengan aturan Islam. Beliau juga menerangkan terkait update pangsa produk halal, data sepanjang tahun 2020, produk yang diminati dari segi produk fashion, diikuti dengan produk makanan, minuman, ATK, otomotif dll (Sumber: Bank Indonesia) dimana metode pembayaran yang sering digunakan adalah transfer bank dan diikuti dengan e-money selama masa pandemi covid 2019 – 2020.

“Ekonomi Digital di Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara sampai 2030”, tegas Bapak Dr. Anton Bawono, M.S.I., merujuk kepada data proyeksi e-Economy SEA 2022, yang diperkirakan mencapai US$77 miliar, dimana potensi sektor ekonomi digital yang dinilai yakni dari transaksi e-commerce dan belanja digital advertising.