Kamis, 22 September 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengunjungi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (UNISMA) diikuti oleh Dekan FEBI, Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Kepala Bagian TU Bapak H. Sanusi, M.M., Staff Arsiparis Ahli Muda Bapak Yasni, S.Sos., Staff Pengelola Administrasi Ibu Sieni Saidan, S.Ag., BPP FEBI Bapak H. Muhasbin, M.H.I., Staff Humas (Umum) FEBI Bapak Sasha Ambarphati, M.E., turut dihadiri oleh Dekan FEB UNISMA Ibu Nur Diana, M.S.I dan jajaran Dekanat, Kaprodi dan Sekprodi Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah serta Staff dari FEBI UNISMA bertempat di Ruang Meeting FEB UNISMA.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menerangkan kedatangan ke FEB UNISMA guna bersinergi dalam berbagai hal, seperti kebijakan MBKM, kuliah bersama, tukar pelajar dan dosen yang bisa dilakukan secara hybrid dengan tujuan meraih akreditasi unggul melihat di era digital semua hal bisa dilakukan secara online dan offline. Beliau berharap di bulan November sudah bisa terlaksana seminar Internasional dengan peserta dari Dosen dan Mahasiswa lintas universitas, namun untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) akan bisa terlaksana di tahun depan, karena saat ini FEBI UIN Mataram sedang melangsungkan PKL sejak 19 September lalu. Beliau juga menekankan terhadap para Wakil Dekan di FEBI UIN Mataram mampu untuk sinergikan kerjasama dalam bentuk implementasi MoU dan akan dijadwalkan agenda Zoom Meeting dengan masing-masing Program Studi terhadap hal-hal yang akan ditindaklanjuti agar tercapai sesuai dengan harapan.

Selanjutnya, Ibu Nur Diana, M.S.I., menerangkan bahwa UNISMA di 5 tahun terakhir telah merombak pola Visi & Misi ke arah Internasional, termasuk dengan prestasi mahasiswa juga harus berada di level internasional. Beliau sudah banyak menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri serta institusi nasional untuk menjalankan berbagai program di FEB UNISMA, seperti halnya study exchange mahasiswa ke thailand, malaysia dan taiwan. DIperlukan dana yang dapat diolah dan diprioritaskan dengan skala prioritas dalm hal program ini. Di tahun 2018, UNISMA juga sudah membuka kelas internasional dimana untuk Program Studi Akunting, untuk beberapa mata kuliah berdasarkan kurikulumnya menggunakan bahasa inggris yang menyebabkan banyak mendapatkan program dari luar seperti, Pemerintah memberikan hibah student exchange dan mitra lainnya guna menjalankan tridharma perguruan tinggi dan mendukung perbaikan kurikulum dari FEB UNISMA. Harapan beliau, nantinya setelah MoU agar rencana yang sudah dibangun bersama bisa terimplementasi dengan baik, tata governanvce bisa menjadi harapan yang akan dikembangkan bersama-sama (FEBI UIN Mataram & FEB UNISMA) saling memberikan kebaikan dan support menjadi fakultas yang unggul serta Sumber Daya Manusia yang kompenten dan berdaya saing, lulusan bisa diterima oleh dunia industri. Beliau juga merespon terkait seminar internasional yang akan digelar bulan November mendatang yakni Calll for Paper bagi mahasiswa dan kedepannya bisa menjadi seminar series mengundang praktisi antar lintas universitas dalam hal penguatan kompetensi mahasiswa serta menyepakati konsep magang nusantara antar lintas fakultas harus dikonsep secara detail bila perlu dibentuk tim khusus untuk MBKM agar kolaborasi lintas fakultas memiliki tujuan yang sama.

Dalam kesempatan ini, Bapak Afifudin, M.S.A, Ak., juga berharap hal ini tidak hanya cukup di MoU saja namun harus diimplementasikan kedepannya dan perlu mengatur waktu terkait persiapan kegiatan bersama mahasiswa terkait seminar internasional yang bisa dilakukan bersama FEBI UIN Mataram. Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., memberikan saran terkait hal ini, agar FEBI UIN Mataram dan FEB UNISMA menggunakan jejaring yang ada diluar negeri agar bisa menjadi keynote speaker dan dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., menyatakn kesiapannya dalam menerapkan rencana bersama FEB UNISMA dengan followup melalui Zoom Meeting guna bahas secar detail hal-hal yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini dan akan menunjuk 1 PIC agar pembahasan bisa lebih fokus tentunya dengan tupoksi yang sesuai.

Share This

Share this post with your friends!