Kamis, 19 Mei 2022. UIN Mataram berkunjung ke Gedung Bupati Lombok Barat, diikuti oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Wakil Rektor III Bapak Dr. Subhan Abdullah Acim, M.A., Dekan Fakultas Syariah Bapak Dr. Moh. Asyiq Amrulloh, M.Ag., Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Dekan FDIK Bapak Dr. Muhammad Saleh, M.A., Dekan FUSA Bapak Dr. H. Lukman Hakim, M.Pd., Ketua LP2M UIN Mataram Ibu Prof. Hj. Atun Wardatun, M.Ag, M.A, P.hD., dan Sekretaris LPM Bapak Dr. H. Muhammad Sa’i, M.A serta turut hadir dari Pemda Lombok Barat yakni Bupati Lombok Barat Bapak. H. Fauzan Khalid, M.Si didampingi Sekretaris dan seluruh Unit Perangkat Daerah (UPD) Lombok Barat.

Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Fauzan Khalid serta jajaran sudah menyambut kedatangan UIN Mataram dan menegaskan kunjungan tersebut dalam rangka memformalkan kerja sama yang secara substansif sudah terjalin sejak lama, seiring dengan transformasi sosial dan digital, kerjasama dengan PMD dan Pariwisata Halal dalam tren halal industry yang menjadi ikon kita. Adapun Prodi Pariwisata Syariah di UIN Mataram merupakan Prodi di PTKIN se-Indonesia khas produk dari program AICIS (Annual International Conference on Islamic Studies) Tahun 2013 selaras dengan keunggulan Pulau Lombok sebagai World Best Halal Tourism Destination dan World Best Honeymoon Destination dimana Prodi Pariwisata Syariah yang akan mengisi industri tersebut. Sinergi antara UIN Mataram dengan Pemda Lombok Barat dalam implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang nantinya akan lebih spesifik di bidang Industri Halal (Halal Centre), Pariwisata Halal dan Program KKP UIN Mataram di berbagai Desa nantinya.

Pariwisata Halal lebih ke Hospitality dan mengesampingkan segregasi bertujuan menciptakan kenyamanan bagi para pendatang dan terus bekerjasama dengan jargon “Sinergi tanpa Degradasi dan Kolaborasi untuk Negeri”, lanjut Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag.

Bapak H. Fauzan Khalid juga menyampaikan terima kasih kepada UIN Mataram sudah berkunjung dan bertemu dengan seluruh jajaran di Pemda Lombok Barat. Kolaborasi Halal Centre ini nantinya menjadi kolaborasi pertama di Indonesia antara Halal Centre UIN Mataram dengan Pemda Lombok Barat dan perlu disegerakan untuk sertifikasi halal di berbagai aspek PMD di Lombok Barat. Harapan beliau dalam kerjasama ini cakupannya bisa lebih meluas baik di program KKP di berbagai desa oleh mahasiswa/i UIN Mataram, Pariwisata Halal dan sektor lainnya selanjutnya akan segera di followup oleh masing-masing UPD dengan teknis yang detail, spesifik dan sistematis tentunya. Bapak H. Fauzan Khalid juga setuju dengan kalimat “Pariwisata Halal” dengan parameter yang sederhana dan tidak mengganggu pengunjung konvensional serta kelengkapan sarana dan prasana pendukung seperti fasilitas shalat yang dilengkapi dengan arah kiblat dan lainnya.

Bapak H. M. Fajar Taufik selaku Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam kesempatan ini juga menyampaikan  harapan dari beliau terhadap UIN Mataram dapat membantu mengembangkan desa wisata halal dan dalam waktu dekat akan diadakan pelatihan dengan Kepala Desa dan kepala Pokdarwis yang mengusung dari UIN Mataram ikut andil menjadi pemateri di agenda tersebut. Selain itu, berharap banyak dari Mahasiswa UIN Mataram mampu menggali ciri khas atau potensi wisata di desa-desa nantinya agar menjadi potensi wisata unggulan. Berdasarkan SK Bupati Lombok Barat nomor 188.45/226/DISPAR.2022 tentang Desa Wisata di Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022, telah dibentuk Desa Wisata pedesaan yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Lombok Barat yang telah ditetapkan sejumlah 60 Desa dengan kategori Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Buatan.

Menanggapi hal tersebut, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag melalui Prodi Pariwisata Syariah nantinya akan bersinergi untuk mengembangkan Desa Wisata di Lombok Barat, sementara Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah akan difokuskan bersinergi di sisi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Syariah serta akan menetapkan 2 Desa yang akan menjadi Binaan FEBI guna membangung Ekosistem Keuangan Syariah Digital kedepannya.

Share This

Share this post with your friends!