Jum’at, 28 July 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universtias Islam Negeri Mataram bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia gelar agenda Sosialisasi Edukasi dan Literasi Inklusi Keuangan Guna Mendukung Akselerasi Pencapaian Target Keuangan Inklusif dihadiri oleh Bapak Dr. Erdiriyo, S.E., M.M., selaku Asisten Deputi Keuangan Inklusif Keuangan Syariah dan perwakilan dari Bank BRI, Bank NTB Syariah, Jamkrindo dan Jamkrindo Syariah, Askrindo Insurance dan Askrindo Syariah dan Civittas Akademika FEBI UIN Mataram bertempat di Auditorium UIN Mataram dengan jumlah peserta mencapai 200 orang.

Bapak Dr. Subhan Abdullah Acim, M.A., selaku Wakil Rektor III mewakili Rektor UIN Mataram, mengucapkan terimakasih kepada FEBI ataas kerjasama dengan Menteri Bidang Perekonomian yang luar biasa, melihat geliat inklusi keuangan sudah marak kembali di awal tahun 2020 dengan suasana covid dan terus diadakan kajian-kajian guna mencari alterantif akselerasi keuangan inklusif. Beliau berharap dengan adanya kerjasama ini dapat menghadirkan literasi dan inklusi keuangan yang sangat tepat bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Beliau juga mengajak mahasiswa khususnya dosen bisa memberikan perhatian khusus terhadap hal ini dan dapat memberikan sumbangan pemikiran berharga sebagai kelompok kecil literasi keuangan dalam ruang lingkup Fakultas (FEBI).

Dalam kesempatan ini, Bapak Dr, Erdiriyo, M.M., juga dalam sambutannya, mataram dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia, sudah seharusnya menonjolkan literasi keuangan syariah namun tidak bisa dipungkiri semua permasalahan yang ada di masyarakat tidak bisa diselesaikan dengan keuangan syariah seperti pembiayaan untuk usaha yang notabenenya diluar syariah (usaha rokok dsb). Dengan hadirnya Bank BRI sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia, Jamkrindo (Jamsyar) dan Askrindo (Askrindo Syariah) adalah penjamin KUR dan satu tahun tidak kurang dari 15 juta dijamin oleh lembaga ini, sehingga pembiayaan hingga 100jt tidak menggunakan agunan. Beliau juga berharap dengan target penyaluran KUR yang mencapai 1,5T bisa dibantu oleh mahasiswa saat KKN atau bermasyarakat. Khususnya, untuk Bank NTB Syariah harapannya tetap bisa bersinergi dan di Bulan Oktober nanti akan ada kegiatan bersama FEBI yang bertempat di Pondok Pesantren Bagu Lombok Tengah level Internasional, Insya Allah akan dihadiri oleh Deputi Bapak Ferry Irawan sebagai Keynote Speaker.

Selanjutnya agenda sharing session bersama Bank BRI, Jamkrindo, Jamkrindo Syariah, Askrindo, Askrindo Syariah dan Bank NTB Syariah bersama Mahasiswa dan Dosen dimana perkenalan masing-masing lembaga baik dari segi profil, perjalanan bisnis, produk dan peran lembaga di masyarakat seperti pembangunan pojok literasi dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill UMKM.

Share This

Share this post with your friends!