Senin, 29 Agustus 2022. Menindaklanjuti surat nomor 2682/Un.12/PP.00.9/08/2022, tanggal 5 Agustus 2022, Universitas Islam Negeri Mataram mengundang Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi hari ini bertempat di Ruang Sidang Rektor Lt. 3, yang dihadiri oleh Bapak I Gede Cahyadi Putra, S.E., M.S.I., Ak. CA., CSRA, Ibu Dr. Yeyen Komalasari, S.E., M.M, Bapak Drs. I Made Gunawan Swarnaya, M.S.I., selaku Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Madya, Bapak Made Juliasa, S.T., selaku Analis Kualifikasi dan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Bapak I Nyoman Agus Prabawa, S.H., selaku Analis Organisasi Perguruan Tinggi turut hadir Dewan Penyantun Bapak Prof. Ir. H. Mansur Ma’sum, Ph.D., Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., Wakil Rektor II Bapak Prof. Dr. H. M. Zaki, M.Pd, Kepala Biro AUPKK Bapak Drs. H. Subuhi, M.Pd.I., Ketua Senat UIN Mataram Prof. Dr. H. Udin, M.Ag., jajaran Dekanat masing-masing Fakultas dan tim penyusun Program Studi S1 Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan S1 Hukum Bisnis Fakultas Syariah UIN Mataram.

Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kunjungan dari Tim Pendamping dan Kelayakan Pembukaan Program Studi Baru LLDIKTI Wilayah 8 dan beliau berharap untuk Program Studi Baru di 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah UIN Mataram dikawal, didampingi dan dilakukan peninjauan dalam rangka mendapatkan rekomendasi pembukaan Program Studi ini mengingat semenjak telah menjadi Universitas Islam Negeri Mataram di tahun 2017 sampai dengan saat ini belum memiliki Program Studi Umum.

Program Studi S1 Kewirausahaan dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki 6 orang data calon Dosen, diantaranya Ibu Baiq Ari Yusrini, M.M., Ibu Dr. Erma Yanuarni, M.S.I., Ibu Fatana Suastrini, M.M., Bapak Muhammad Helmy Reza, M.M., Bapak Muhammad Rido, M.M., Bapak Sabrang Gilang Gemilang, M.Acc dan Ibu Sirrul Hayati, M.Ak. Sedangkan, Program Studi S1 Hukum Bisnis berada dibawah Fakultas Syariah diantaranya Ibu Hj. Teti Indrawati Purnamasari, M.Hum., Bapak Dr. Gazali, M.H., Bapak Heru Sunardi, M.H., Bapak H. Ma’shum Ahmad, M.H., Ibu Ulya Sofiana, M.H., Bapak Imam Edy Ashari, M.H., Ibu Aisyah Wardatul Janah, LL.M., Bapak Hery Zarkasih, M.H., Bapak Wawan Andriawan, M.Kn., Ibu Parida Angriani, M.H.

Selanjutnya, Bapak I Nyoman Agus Prabawa, mengatakan bahwa dalam pengajuan Program Studi baru baik PTN ataupun PTS disarankan harus ada rekomendasi dari LLDIKTI. Pendampingan dalam hal ini memang sangat diperlukan dan setidaknya memiliki minimal 5 orang Dosen yang memiliki NIDN dan homebase sebelumnya tidak mempengaruhi ratio jumlah mahasiswa dan dosen. Beliau juga menegaskan, agar seluruh Dosen di UIN Mataram harus mendaftarkan diri ke web SISTER guna pelaporan BKD (Beban Kinerja Dosen) Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bapak I Gede Cahyadi Putra juga ikut mengkonfirmasi kesiapan dokumen 2 Program Studi Baru, dari sisi data diri Dosen dengan anggota minimal 5 orang, scan dokumen yang asli dengan format PDF dan beliau mengingatkan bahwa sesudah dinyatakan lulus dengan penerimaan SK Program Studi Baru, maka tidak perlu ada assessmen lapangan lagi. Ibu Yeyen Komalasari menambahkan beberapa revisi berdasarkan pengalaman dalam pendampingan dan beliau merupakan Tim Penyusun Borang Pascasarjana sebelumnya, adapun masukan dari beliau (1) Evaluator memiliki pandangan dan penilaian masing-masing; (2) Harus ditajamkan kembali keunikan dari Program Studi S1 Kewirausahaan dan S1 Hukum Bisnis Islam yang dipaparkan dengan perbedaan dengan Program Studi yang ada di kampus lain baik nasional maupun internasional; (3) Profil lulusan agar lebih dirincikan kembali; (4) Capaian pembelajaran harus dijelaskan mekanisme penyusunan dan pengetahuannya di pertajam kembali; (5) Struktur kurikulum perlu dirincikan kembali terutama perihal MBKM.

Share This

Share this post with your friends!