Rabu, 31 Agustus 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram menggelar Studium General dengan tema Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Generasi Milenial yang Kompetitif menghadirkan Narasumber Ibu Indah Purwanti Ningsih, S.E., selaku Direktur NTB Mall dan Founder Lombok Woman Preneur Club (LWC) turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup M.S.I., Kabag TU FEBI Bapak H. Sanusi, M.M., jajaran Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Pariwisata Syariah dan Tenaga Kependidikan FEBI serta diikuti oleh 700 mahasiswa dari masing-masing Program Studi bertempat di Auditorium Kampus II UIN Mataram.

Dalam kesempatan ini, Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menjelaskan bahwa sampai saat ini sudah banyak perubahan yang sedang dan akan terjadi mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sudah melek internet terutama di sektor keuangan dan entrepreneur. Di Indonesia sendiri, khususnya pengguna internet di generasi milenial hampir mencapai 95% dengan lama masa waktu guna internet 9-10 jam/hari. Untuk di Nusa Tenggara Barat sendiri, rata-rata 7 jam 33 menit. Hal ini juga tentunya berdampak kepada mahasiswa UIN Mataram khususnya FEBI apakah menggunakan fasilitas internet secara produktif atau malah sebaliknya. Dalam Studium General ini, Narasumber Ibu Indah Purwanti Ningsih, S.E., akan memaparkan konsep entrepreneur kekinian untuk generasi milenial yang juga beliau merupakan seorang praktisi yang akan memberikan solusi dan informasi agar mahasiswa lebih produktif kedepannya khususnya FEBI.

Selanjutnya, Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., mewakili Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., memberikan sambutan sekaligus membuka acara Studium General FEBI UIN Mataram menyampaikan pentingnya kita menjiwai setiap apa yang kita kerjakan baik menjadi Dosen, Staff maupun mahasiswa. Sejatinya, mahasiswa harus tetap belajar, belajar dan belajar serta beliau berharap mahasiswa FEBI mampu wisuda di semester 7 nantinya dan tetap menjadi fakultas yang terdepan. Beliau juga menyampaikan bahwasanya mahasiswa harus punya tekad dan niat serta bekerja keras untuk menuntut ilmu guna membanggakan orang tua serta memberikan dampak kepada masyarakat nantinya.

Ibu Indah Purwanti Ningsih, S.E., dalam penyampaian materi juga menyampaikan beliau siap memberikan coaching bisnis secara gratis bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan terbuka sekali dalam hal pengembangan jiwa dan praktik entrepreneur. Dalam praktiknya, sebelum memulai usaha atau ber-entrepreneur, maka yang pertama kali dilkakukan adalah kenali market, lalu lakukan branding melihat generasi milenial saat ini kaya akan ide marketing melalui sebuah konten atau program-program serta melalui komunitas dimana Networking is Everything. Beliau juga menyampaikan, jika kamu ingin menjadi seorang wirausaha, maka ada 10 point yang harus dimiliki yakni (1) Personal Branding; (2) Risk Taker; (3) Confidence; (4) Tidak Cepat Puas; (5) Networking; (6) Semangat Belajar; (7) Strategi yang Matang; (8) Saling Membantu; (9) Adaptif (Krisi); (10) Memiliki Visi & Misi.

Share This

Share this post with your friends!