Jum’at, 10 Juni 2022. Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., berkunjung ke FEBI UIN Mataram untuk silaturrahmi yang bertempat di Ruang Sidang Dekan FEBI turut dihadiri oleh Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Kepala Bagian Tata Usaha Bapak H. Sanusi, M.M., Kaprodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A., Kaprodi Perbankan Syariah Bapak Dr. Sanurdi, M.Si., Kaprodi Pariwisata Syariah Bapak Muhamad Johari, M.Si dan Sekprodi Pariwisata Syariah Bapak Wahyu Khalik, M.Par., Kasubag Akademik Bapak Muhamad Tajun Toyib, M.Pd dan Bapak Abdul Hadi Sukmana, M.E., selaku Dosen FEBI.

Rektor UIN Mataram mengapresiasi kinerja FEBI di berbagai lini, khususnya Elektronik Sistem Manajemen Strategis (E-SMS) FEBI yang sampai saat ini sudah di point 1.472 secara Universitas sudah mencakup 5.148 point. Beliau menegaskan bahwa E-SMS ini nantinya sebagai media yang akan mempermudah akreditasi fakultas maupun secara universitas. Performansi E-SMS Universitas Islam Negeri Mataram dengan skor 5.148, secara Universitas Islam menduduki peringkat 15 nasional dengan capaian tertinggi diperoleh UIN Syarif Hidayatullah dengan skor 8.469 dan capaian terendah UIN Sumatera Utara dengan skor 37.

FEBI untuk update saat ini jam 14.27 WITA berada di posisi pertama tingkat Universitas dengan jumlah point 1.546 disusul dengan Fakultas Tarbiyah (FTIK) terpaut tipis dengan point 1.538 dan posisi ketiga dengan Fakultas Ushluhuddin dan Studi Agama (FUSA) dengan point 1.206. Sedangkan, FEBI dari segi presentase kelengkapan pengisian instrument E-SMS yakni Good University Governance (GUG), University’s Performance Improvement (UPI), Competitive Advantages University (CAU) dan Global Recognition University (GRU) sudah mencapai 100%. Jika dilihat dari Grafik Hasil Penilaian 10 Periode Terakhir, sejak 2018 s/d 2021 mengalami peningkatan pesat.

Bapak Muhamad Tajun Toyib, M.Pd menjelaskan beberapa trik yang digunakan dalam mengerjakan E-SMS ini diantaranya komunikasi yang intens dan tetap kumpul dengan stakeholder diantaranya Dekanat, Kaprodi dan Sekprodi serta Bapak / Ibu Dosen yang sebelumnya sudah terlibat dalam E-SMS yakni Bapak Muhamad Rido, M.M., Ibu Sirrul Hayati, M.Ak., Ibu Tati Atmayanti, M.Ec.Dev., Bapak Abdul Hadi Sukmana, M.E., dan Bapak Wahyu Ramadhan, M.Kom., guna pengumpulan data yang ada dan data sebelumnya di tahun 2021 lalu masih relevan dan dapat digunakan.

Sasaran dari E-SMS ini yakni terwujudnya system kepemimpinan yang professional, terwujudnya system perencanaan dan penganggaran, menguatnya system pendidikan yang berperspektif moderat, terwujudnya kualitas mental dan karakter mahasiswa, terwujudnya civil society di lingkungan Perguruan Tinggi, menguatnya pembiayaan dan efektivitas pemanfaat anggaran pendidikan, terbentuknya system penjaminan mutu internal perguruan tinggi yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan terwujudnya tata kelola Perguruan Tinggi yang baik.

Wakil Dekan II FEBI juga menyampaikan program yang akan berjalan antara FEBI dengan PT. Telkomsel Branch Mataram di tanggal 28 Juni 2022 mendatang, yakni Seminar Digital Marketing dengan target peserta 500orang mahasiswa/i dan sebagai tindak lanjutnya akan diadakan in-class training mengenai digital marketing secara intensif kepada mahasiswa/i FEBI.

Share This

Share this post with your friends!