Kamis, 3 November 2022. Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram menggelar agenda bergengsi level Internasional, The 1ST Gen Z Halal Tourism International Seminar dan Conference, salah satu program praktikum dari MICE (Meetings, Incentive, Conferences and Exhibitions) Tourism dihadiri oleh Kabag Akademik Rektorat mewakili Rektor UIN Mataram, Bapak Saiful Bahri, M.A., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah turut hadir 6 narasumber yang hadir secara hybrid yakni, Bapak Idham Kholid selaku Sekretaris DPD PPHI NTB, Mr. Connor J. Rechtzigel selaku Dosen dari Cornell University New York, Yunita Ratnaningtyas selaku Culture Specialist of Museum NTB, Puan Adlin Binti Masood dari Senior Fellow FUS4 Faculty of Economics and Muamalat (Uniersity Sains and Islam) USIM Malaysia, Bapak Ecky Imamul Muttaqin selaku Chairman of MES Turkiye dan Muhammad Qusayyi Al-Jamali dari Al-Azhar University of Egypt, perwakilan mahasiswa dari Poltekpar Lombok, STP Mataram, Universitas Mataram, Universitas Hamzanwadi dan siswa-siswi SMA / SMK jurusan Pariwisata se-Lombok sejumlah 500 orang, bertempat di Gedung Auditorium Kampus II UIN Mataram.

Ketua Panitia, Zuhair Afif Al fatah dan seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan FEBI UIN Mataram yang sudah membantu dalam menyukseskan kegiatan ini dengan tujuan mewadahi masyarakat umum untuk memperoleh ilmu serta informasi sebanyak-banyaknya melalu konferensi tentang Halal Tourism dengan tema “Pengenalan Halal Tourism Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata di NTB”.

Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., menyampaikan harapan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara continue di setiap tahunnya tentunya dengan kreatifitas dan inovasi tidak hanya level nasional tetapi internasional. “Kajian seperti ini harus tetap diperkaya, difahami dan diimplementasikan oleh stakeholder dan masyarakat pada umumnya”, lanjutnya.

Bapak Saiful Bahri, M.A., juga dalam sambutannya menyamapaikan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh Program Studi Pariwisata Syariah FEBI UIN Mataram ini merupakan salah satu kontribusi dari Perguruan Tinggi dengan harapan menghasilkan masukan berupa ilmu dari diskusi dan materi-materi yang disampaikan oleh anrasumber dimana masukan-masukan dari program tersebut dapat menjadi rangka penggerak halal tourism di NTB menjadi icon pariwisata di Indonesia.

Selanjutnya, penyampaian materi oleh 6 narasumber yang dilakukan secara hybrid diantaranya, Muhammad Qusayyi Al-Jamali menyampaikan gagasan Halal Tourism Development in Egypt, Puan Adlin Binti Masood dengan tema Enriching Halal Tourism 2.0 Through Industrial Revolution 4.0 for a Sustainable Inclusive Growth, Yunita Ratnaningtyas yang menyampaikan Discover the Ancient Story of Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo) Tribes from Museum collections, Ecky Imamul Muttaqin dengan tema Erdoganomics: The Way Turkiye Leads its Economic and Financial Model Under Erdogan’s Leadership dan Idham Kholid dengan tema Halal Tourism, Economic and Banking,

Setelah agenda penyampaian materi diatas, kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan konferensi yang berlangsung di Classroom 1 (Ruang Sidang FEBI UIN Mataram) dan Classroom 2 (Ruang 1 FEBI UIN Mataram) yang dilaksanakan secara hybrid dengan total pemateri yang hadir 14 orang berasal dari lintas kampus yakni UIN Mataram, University Sains Islam Malaysia (USIM), UIN Sulthan Syarif Kasim Riau dan Isparta Uygulamali Bilimler Universitesi Turkiye,

Share This

Share this post with your friends!