Kamis, 23 November 2023. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram gelar Diskusi Rutin Dosen mengangkat tema krusial terkait bagaimana strategi memperoleh akreditasi prodi unggul. Hal ini dikarenakan Program Studi Ekonomi Syariah FEBI UIN Mataram hendak mengajukan re-akreditasi pada tahun 2024. Dengan demikian, tema yang diangkat adalah “Strategi Menuju Akreditasi Prodi Unggul” dengan mengundang narasumber: Dr. H. Abdul Quddus, M.A. Salah seorang Asesor BAN PT dari UIN Mataram.

Sebelumnya, SK Akreditasi terakhir Prodi ES FEBI UIN Mataram mendapat peringkat akreditasi BAIK dengan skor 333 yang berlaku mulai 21 Nopember 2021-21 Nopember 2026. Berdasarkan pemaparan narasumber, peraturan nilai akreditasi, status akreditasi dan peringkat akreditasi: Untuk mendapat predikat UNGGUL, nilai akreditasi (NA)≥361. Nilai akreditasi 301≤NA˂361 masuk peringkat BAIK SEKALI. Namun demikian, jika nilai akreditasi 301≤NA˂361 tapi tidak memenuhi Syarat Perlu Peringkat, maka meski nilai akreditasi memenuhi angka dimaksud, peringkat akreditasinya diturunkan menjadi BAIK

Hal inilah yang menyebabkan, meski nilai akreditasi 333 dan seharusnya mendapat akreditasi Baik Sekali, namun karena belum memenuhi Syarat Perlu Peringkat, Prodi Ekonomi Syariah mendapat peringkat akreditasi BAIK. Dengan demikian, berdasarkan nilai akreditasi 333, Prodi Ekonomi Syariah sebenarnya memiliki modal yang cukup untuk mendapatkan akreditasi BAIK SEKALI, dan hanya perlu menambah 28 poin lagi untuk mendapat peringkat akreditasi UNGGUL.

Adapun Standar Pemenuhan Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali dan Unggul LAMEMBA ada pada  Tabel 3: Penentuan Peringkat Akreditasi oleh LAMEMBA,7: Pemringkatan Berdasarkan Kualifikasi Dosen, 8: Pemringkatan berdasarkan Luarandan Capaian Tri Dharma (DL-9). Untuk itu, tim Borang Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah yang berhajat untuk mengajukan reakreditasi Prodi harus bekerja ekstra untuk memenuhi Standar Pemenuhan Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali dan Unggul LAMEMBA supaya mendapat predikat UNGGUL.

Share This

Share this post with your friends!