Kamis 7 september 2023 kami mendapatkan kesempatan mengunjungi menara Affin Bank TRX yang terletak di kota Kuala Lumpur. Disana kami menerima banyak informasi dari pihak internal affin bank. Kami mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana pefungsian setiap lantai di menara affin. Kami juga dijelaskan beberapa fakta menarik mengenai sistem operasional bank ini. Dan di sesi terakhir kami juga diberikan gambaran mengenai visi misi dan prinsip kerja bank affin yang menggugah motivasi kami.

Menara ini memiliki 42 lantai. Lantai satu sampai lantai 3 dipergunakan untuk aktifitas perbankan, kemudian lantai 8 digunakan untuk cafetaria dan open garden, lantai 41 untuk CEO, serta sisanya dipergunakan untuk office/kantor tempat kegiatan affin bank beroperasional.

Pertama-tama, sesampai kami di depan gedung menara kami disambut dengan beberapa staff yang bekerja di affin bank. Kemudian kami d arahkan untuk berkeliling melihat bagaimana wujud interior gedung super megah ini. Dilantai pertama terdapat loby, dan funfact pertama dari affin bank adalah pada lantai pertamanya, bank ini menggunakan sistem invisible banking. Dimana teller ataupun perangkat-perangkat lain yang biasanya ada/terlihat untuk aktivitas perbankan. Namun pada lantai satu ini hal-hal tersebut tidak ada. Itu mengapa mereka menyebutnya sebagai invisible banking. Jadi nasabah dan teller hanya bertemu secara informal/santai di Loby untuk melakukan aktivitas perbankan. Kemudian di lantai dua merupakan lantai yang dipergunakan untuk aktivitas investasi serta tempat untuk counter teller nasabah umum. Lalu di lantai 3 di khususkan untuk nasabah premium. Jika ingin bergabung dengan brand premium ini perlu menabungkan minimal uang sebesar 200.000 RM . Brand ini dinamakan Invikta. Dan pada brand premium tersebut operasional banknya sudah menggunakan teknologi robot khusus.

Fun fact kedua, desain bangunan menara serta sistem interaksi kerja affin bank ini menggunakan style open banking. Sehingga siapapun bisa melihat bagaimana operasi kerja bank ini. Serta funfact terakhir iala bank ini menggunakan metode santai dalam setiap interaksi didalamnya. Entah dengan nasabah ataupun dengan sesama rekan kerja di affin bank.

Share This

Share this post with your friends!