Rabu, 6 Juli 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar agenda Guest Lecturer dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus dihadiri oleh Wakil Dekan 1 FEBI IAIN Kudus, Ibu Dr. Hj. Anita Rahmawati, M.Ag, Bapak Moh. Nurul Qomar, M.EI dan tim dari IAIN Kudus, turut hadir Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.S.I., Ketua Prodi Perbankan Syariah Bapak Dr. Sanurdi, M.S.I., Ketua Prodi Pariwisata Syariah Bapak Muhamad Johari, M.S.I.,  Sekretaris Prodi Perbankan Syariah Bapak Imronjana Syapriatama, M.SEI., Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah Bapak Gatot Suhirman, M.S.I., Kabag Tata Usaha FEBI Bapak H. Sanusi, MM, Dosen FEBI dan 40 peserta dari elemen HMPS dan mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah bertempat di Ruang Aula FEBI.

Dekan FEBI dalam sambutannya menuturkan agenda ini merupakan suatu hal baru yang akan memberikan ilmu terbarukan sehingga fakultas ini menjadi terdepan dibandingkan dengan fakultas lain. Sinergitas antara FEBI UIN Mataram dan FEBI IAIN Kudus kedepannya dapat mengadakan Seminar Internasional yang diikuti oleh mahasiswa masing-masing prodi, guna tabungan akreditasi. Beliau juga menerangkan bahwa di IAIN Kudus memiliki rumah jurnal yakni QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) yang sudah berlevel nasional dan internasional untuk dikunjungi oleh pengelola jurnal di FEBI UIN Mataram nantinya. Beliau juga menjelaskan grafik total presentasi dan jumlah peminat FEBI yang terbanyak dari fakultas lain tentunya merupakan sebuah tantangan untuk FEBI memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan harapan beliau sinergi yang sudah terjalin ini dapat dilakukan lebih intens, dosen tamu kedepannya bisa diadakan via oom meeting agar informasi yang diterima oleh mahasiswa lebih bervariasi.

Selanjutnya, Ibu Dr. Hj. Anita Rahmawati, M.Ag menerangkan maksud kedatangan ke FEBI UIN Mataram dalam rangka menindaklanjuti MoU yang sudah terjalin antara FEBI IAIN Kudus dan FEBI UIN Mataram dan kegiatan ini bisa menjadi tabungan akreditasi bagi kedua fakultas ini serta tambahan nilai dari salah satu implementasi kurikulum MBKM. FEBI IAIN Kudus memliki 5 Program Studi yakni Prodi Ekonomi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW), Perbankan Syariah dan Akuntansi Syariah dengan jurnal prodi terakreditasi sinta 2, sinta 3 dan sinta 4 serta memiliki jumlah 50 Dosen yang sudah terakreditasi untuk bisa disinergikan dalam bidang pendidikan, pengabdian masyarakat dalam level nasional. Beliau mengucapkan terima kasih sudah disambut dengan baik semoga mendapatkan manfaat, kontribusi yang signifikan bagi mahasiswa guna penguatan metode penelitian dan publikasi ilmiah.

Agenda dilanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Moh. Nurul Qomar, M.EI tentang Literatur Review pada Kualitatif berisi tentang teori dan bagaimana langkah untuk mengumpulkan informasi yang relevan guna menyusun sistematika pengetahuan dan penulisan yang sedang dilakukan peneliti. Beliau juga memaparkan beberapa sumber Literatur Review yang berasal dari Publikasi paper di jurnal nasional dan internasional, tesis, disertasi, jurnal, majalah, abstrak hasil penelitian, proseeding dan website yang memuat literatur.

Share This

Share this post with your friends!