Jumat, 30 September 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menerima kunjungan dari Bapak Agus Pratomo, S.E., M.M., pakar entrepreneur yang memiliki konsen dalam pengembangan mikrofinance syariah di Indonesia turut hadir Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Ketua Prodi Perbankan Syariah Bapak Dr. Sanurdi, M.S.I., Ketua Prodi Pariwisata Syariah Bapak Muhamad Johari, M.S.I., Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah Bapak Gatot Suhirman, M.S.I., Sekretaris Prodi Perbankan Syariah Bapak Imronjana Syapriatama, M.SEI., Sekretaris Prodi Pariwisata Syariah Bapak Wahyu Khalik, M.Par., bertempat di Ruang Rapat Terbatas FEBI UIN Mataram.

Dekan FEBI, sebelumnya sudah berdiskusi terkait ide dan gagasan terkait bagaimana cara perkuat branding Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam salah satunya pengembangan BMT guna menunjang skill tidak hanya teori namun praktik kepada mahasiswa, dosen dan staff melalui Laboratorium Mini BMT yang akan dimulai dari FEBI.

Bapak Agus Pratomo menegaskan, FEBI UIN Mataram harus memiliki branding yang kuat untuk dibangun, melalui salah satunya dengan cara mengenalkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah dalam hal praktiknya Laboratorium Mini BMT dan Program Kewirausahaan yang sudah didukung dengan Perpres No. 2 Tahun 2022 tentang entrepreneur kepada mahasiswa, Program ini mampu mensupport kebutuhan mahasiswa kedepannya dalam hal pinjaman untuk kebutuhan pribadi maupun usaha tanpa bunga dengan memupuk dana melalui wakaf bulanan dimulai dari jajaran Dekanat, Kaprodi, Bapak / Ibu Dosen dan mahasiswa. Lengkapnya, dana BMT ini berasal dari ZISWH (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf dan Hibah) yang akan dikelola oleh mahasiswa FEBI yang memiliki ilmu dan kompetensi di bidang keuangan dan hal lainnya sehingga jika sudah lulus nantinya sudah siap terjun di dunia kerja karena sudah dibekali dengan ilmu praktik yang luas dan hal ini juga akan meningkatkan experience bagi mahasiswa kedepannya.

Seluruh jajaran Dekanat, Kaprodi dan Sekprodi, khususnya Prodi Perbankan Syariah menegeaskan program laboratorium mini BMT ini berpeluang baik bagi Program Studi Perbankan Syariah dan nantinya akan melibatkan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah dalam hal pengembangannya dan terkait Program Kewirausahaan juga akan coba digalakkan mengingat sudah ada Laboratorium Entrepreneur yang dimiiliki oleh FEBI.

Share This

Share this post with your friends!