Selasa, 31 Mei 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah  Untuk Jurnal Internasional Bereputasi bertempat di Lesehan Taliwang Nada mengundang narasumber Bapak Prof. Dr. Tulus Suryanto, Akt., CA., CERA., CMA., ACPA yang juga menjabat sebagai Dekan FEBI UIN Raden Intan Lampung turut dihadiri oleh Jajaran Dekanat, Ketua dan Sekertaris Program Studi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah, pengelola jurnal FEBI dari Journal of Entreprise Development (JED), International Journal of Islamic and Social Sciences (ISOS), Iqtishaduna, Jurnal Perbankan Syariah (JPS) dan Jurnal Pariwisata dan Hospitality (JUWITA) serta dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen juga perwakilan dari mahasiswa/i FEBI.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag menegaskan agar seluruh civitas akademika FEBI UIN Mataram bisa terlibat penuh dalam hal memajukan FEBI kedepan melalui salah satu tri dharma perguruan tinggi yakni penelitian. Inisiasi agenda ini juga mendapat respon positif dari Wakil Rektor III Bapak Dr. Subhan Abdullah Acim, M.A mewakili Rektor UIN Mataram membuka agenda ini. FEBI dinilai sukses dalam hal akademik yang bisa menghadirkan tri dharma perguruan tinggi yang paripurna dan menyampaikan harapan dari Rektor UIN Mataram output dari agenda ini adalah tulisan-tulisan yang memiliki nilai untuk memberikan kontribusi ilmiah bagi khalayak banyak.

Selanjutnya pemaparan materi dari Bapak Prof. Dr. Tulus Suryanto, Akt., CA., CERA., CMA., ACPA dengan tema Kiat Pengembangan Karir Dosen Profesional dimulai dari pembahasan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dalam hal ini, fokus terhadap pembahasan penelitian dimana skema pengembangan karir jabatan akademik dosen Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala hingga Profesor dimana memiliki tanggung jawab dalam publikasi karya ilmiah guna kenaikan jabatan tersebut sebagai penulis pertama dan sekaligus penulis korespondensi. Beliau memaparkan tips dan trik dalam mencari topik yang akan diteliti yakni dengan mengkases www.openknowledgemaps.org (Visual Interface to The World’s Scientific Knowledge) yang memiliki keuntungan mendapatkan gambaran umum dan peta pengetahuan yang instan terkait suatu topik penelitian, memudahkan peneliti memberi cakupan area penelitian dengan konsep yang relevan, memudahkan untuk mengidentifikasi konten dari satu disiplin ilmu dalam bidang multidisiplin dan menyediakan akses jurnal peneduh dan lumbung dari berbagai macam jurnal.

Share This

Share this post with your friends!