Rabu, 25 Maret 2022. Dekan FEBI UIN Mataram Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag memimpin rapat persiapan kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Tembus Scopus di akhir bulan Mei ini yang dihadiri Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.S.I, Ketua dan Anggota Pengelola Jurnal Fakultas yakni Journal Entreprise Development (JED) dan International Journal of Islamic and Social Sciences (ISOS). Sementara Journal dari Program Studi Ekonomi Syariah yakni Iqtishoduna, Program Studi Perbankan Syariah yakni Journal Perbankan Syariah (JPS) dan Program Studi Pariwisata Syariah dengan Journal Pariwisata dan Hospitality (JUWITA).

Dekan FEBI, menegaskan akan dianggarkan dan dirancang event level International untuk memberikan kesempatan masing-masing pengelola jurnal bisa ikut ambil andil. Sebagai contohnya, Kegiatan Annual of International Conference on Islamic Studies (AICIS) rencananya akan diselenggarakan di Pulau Bali dan Lombok sekaligus menyambut Agenda besar G20 di Bali, kemungkinan besar AICIS akan diselenggarakn di Pulau Lombok. Teknisnya, di setiap pengelola jurnal pasti memiliki kelemahan yang bisa diubah menjadi peluang. Harapan beliau mahasiswa FEBI bisa mengambil rujukan / referensi dari jurnal fakultas maupun prodi.

Wakil Dekan I mengingatkan di tanggal 31 Mei, FEBI akan mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Dosen dan Mahasiswa untuk Jurnal Bereputasi turut mengundang Bapak Prof. Dr. Tulus Suryanto, M.M., Akt, C.A., guna memberikan tambahan bimbingan sesuai dengan arahan Dekan FEBI agar pengelola jurnal mempersiapkan Roadmap, Visi & Misi jurnal guna publikasi jurnal FEBI go to Internasional.

Kesiapan dari JED dipimpin oleh Bapak Dr. Salahuddin, M.Ag, Anggota Bapak Muhammad Muhajir Aminy, M.E., Ibu Vici Handalusia Husni, M.S.E., Ibu Sirrul Hayati, M.Ak., Bapak Abdul Hadi Sukmana, M.E., Bapak Azizurrahman, M.Sc yang sudah berjalan sejak 2019 dan saat ini masih menunggu evaluasi menuju Sinta 2 serta Target di awal 2024 JED sudah bisa terindeks Scopus.

Jurnal Fakultas ISOS diketuai oleh Bapak Restu Fahdiansyah, M.S.A., dengan jumlah terbit 3 issues yang belum terindeks dan masih beradaptasi serta berproses dengan target akreditasi jurnal terlebih dahulu. Sedangkan, Iqtishaduna  dengan Pimpinan Redaksi Ibu Kharisma Rindang Sejati yang sudah terindeks Sinta 5. Target kedepannya dengan publikasi jurnal memakai Bahasa inggris dan reakreditasi di akhir 2023 dengan anggota terdiri dari Bapak Prof. Dr. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag., Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.S.I., Bapak Imronjana Syapriatama, M.SEI., Ibu Naili Rahmawati, M.Ag., Ibu Intan Kusuma Pratiwi, M.SEI., Bapak Rusman Azizoma, M.Acc., Ibu Nurul Susianti, M.E. dan Ibu Shofia Mauizotun Hasanah, M.E.

Untuk JPS dipimpin oleh Bapak Lalu Ahmad Ramadhani, M.E., dengan anggota Ibu Tati Atmayanti, M.Ec.Dev dan Ibu Suriani, M.E.I., menjelaskan bahwa jurnal ini mengingat baru terbentuk, sedang dalam tahap membangun pondasi awal dengan target awal Juni akan terbit jurnal yang pertama dan sedang mengembangkan perangkat OJS guna mempercantik website dan akan memproses ISSN tentunya membutuhkan bimbingan dari pengelola jurnal lainnya.

Adapun JUWITA, jurnal prodi pariwisata syariah dengan pimpinan redaksi Bapak M. Setyo Nugroho, M.Par., sampai saat ini sedang dalam proses ISSN dan harapan kedepannya mendapatkan lembaga pengindeks jurnal ini. Wakil Dekan II dalam hal ini menekankan perlunya konsistensi dari ketentuan dan template dari masing-masing jurnal yang ada di FEBI dan akan memberikan ruangan khusus untuk memudahkan komunikasi antar pengelola jurnal.

Share This

Share this post with your friends!