Sabtu, 17 September 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam gelar agenda Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dihadiri oleh Wakil Rektor III UIN Mataram Bapak Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., Narasumber Bapak Dr. Najamudin Amy, MM., selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTB, Jajaran Dekanat FEBI, Ketua Prodi dan Sekprodi, Bapak/Ibu Dosen Prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah serta turut dihadiri oleh 600 mahasiswa semester VII yang akan melaksanakan PKL mulai hari Senin, 19 September 2022. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan guna memberi pemahaman terhadap Praktik Kerja Lapangan yang akan dilakukan oleh mahasiswa.

Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A., selaku Kaprodi Ekonomi Syariah sekaligus Ketua PKL FEBI untuk tahun ini, menjelaskan terkait tema pembekalan PKL tahun ini adalah “Professionality, Communicative, and Collaborative with Manners”. Adapun jumlah peserta yang akan melaksanakan PKL ini sebanyak 613 mahasiswa dengan penempatan lokasi PKL sejumlah 157 lokasi dengan porsi detail dari Program Studi Ekonomi Syariah dengan 261 mahasiswa di 67 lokasi, Program Studi Perbankan Syariah 246 mahasiswa di 69 lokasi dan Program Studi Pariwisata Syariah 111 mahasiswa di 21 lokasi. Beliau juga menerangkan bahwa lokasi PKL ini merupakan mitra FEBI dari tahun ke tahun dan terdapat beberapa lokasi yang menjadi mitra baru FEBI. Harapan beliau, dengan dilaksanakan PKL ini bisa berjalan kondusif dan kolaboratif serta bisa menjadi praktik dari MBKM di setiap tahunnya. Mahasiswa secara resmi akan memulai PKL di tanggal 19 September mendatang.

Selanjutnya, Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., selaku Dekan FEBI juga memberikan wejangan terkait pentingnya kegiatan PKL ini untuk penerapan materi yang sudah didapat selama perkuliahan berlangsung dan tetap menjaga nama baik FEBI dan UIN Mataram tentunya dengan mengedepankan etika dalam berkomunikasi dan berbagaihal sehingga menorehkan hal kebaikan kepaa lembaga / institusi yang sudah dijadikan mitra untuk bersinergi bersama. Kedepannya, PKL akan memiliki program yang lebih bervariasi, seperti FEBI sudah melangsungkan 3 kali pertemuan dengan pihak UUM (Universiti Utara Malaysia) dengan skema short course menggantikan PKL nantinya. Pola ini bertujuan agar mahasiswa memiliki inovasi dan alternatif lain dalam hal kemudahan proses dan percepatan pembelajaran (perkuliahan) 7 semester. Beliau juga menjelaskan, kegiatan ini sudah mendapatkan respon baik oleh Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., selaku Rektor UIN Mataram serta sudah menetapkan hal-hal penting serta menyusul SOP (Standard Operasional Procedure) agar pelaksanaannya berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Dalam kesempatan ini, Bapak Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., mewakili Rektor UIN Mataram memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh FEBI dan perlu ditingkatkan lagi untuk lokasi PKL di level Regional sehingga adanya nuansa baru di dunia PKL berbarengan dengan adanya MBKM. Beliau juga merespon terkait Short Course yang akan dilakukan oleh FEBI, perlu adanya intesifitas komunikasi terhadap UUM karena kampus ini memiliki keunikan distingsi di bidang pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan dan banyak hal. Beliau juga menyampaikan amanat dari Bapak Rektor UIN Mataram agar tetap menjaga nama baik UIN Mataram khususnya FEBI untuk membawa keberkahan di generasi PKL kedepannya karena sudah mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari kolega / mitra kita dan beliau berharap banyak mahasiswa FEBI bisa selesai di semester 7 untuk menjadi sarjana dengan wisuda lebih awal.

Penyampaian materi pembekalan PKL oleh Bapak Dr. Najamudin Amy, M.M., dengan tema Professionality, Communicative, and Collaborative with Manners dimana seorang profesional membuat profesi dari jenis aktivitas dan perilaku tertentu yang mereka lakukan sendiri dan yang diharapkan dapat mereka patuhi tentunya didukung dengan skill komunikatif dengan berinisatif memulai untuk bertukar pikiran dan ide yang cemerlang.

Share This

Share this post with your friends!