Jum’at, 11 Agustus 2023. Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI Bapak Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E., M.Si., CA., CSEP berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram selepas Agenda Pembinaan ASN di Lingkungan UIN Mataram didampingi Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag, Rektor IAHN Gde Pudja Mataram Bapak Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si, Kepala Biro AUPKK Bapak Drs. H. Subuhi, M.Pd.i., Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq EL Badriati, M.E.I, Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.Si., bertempat di Ruang Rapat Terbatas FEBI UIN Mataram.

Dekan FEBI, mengenalkan Program Studi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah serta menyatakan bahwa FEBI siap untuk mengadakan Kelas Internasional di 3 Program Studi tersebut.

Bapak Irjen Faisal, turut mendukung hal ini dan memberikan masukan, di FEBI perlu juga diadakan kelas bilingual, double degree, adakan program KKP diluar Asia untuk mendapatkan output lebih baik lagi serta memiliki sarpras mendukung seperti cafe yang terintegrasi dengan gerai investasi syariah.

Selanjutnya, saat agenda pembinaan ASN di Lingkungan UIN Mataram, Bapak Irjen Faisal juga menitikberatkan perhatian setiap program yang ada di PTKIN/S untuk melihat dan merujuk kepada Renstra (Rencana Strategis) Kementerian Agama RI – Pendidikan TInggi 2020-2024 pada 4 hal, yakni (a) Persentase PTK yang memiliki Prodi/Kelas Internasional; (b) Persentase Lulusan PTK yang bekerja dalam jangka waktu 1 tahun setelah kelulusan; (c) Persentase publikasi ilmiah di jurnal internasional; (d) Persentase publikasi ilmiah di jurnal internasional yang disitasi. Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia saat ini menempati urutan ke-36 dari 137 negara berasarkan indeks kompetisi global pada tahun 2017 dengan jumlah PTKI di Indonesia hingga tahun 2022 adalah 847 terdiri dari 59 PTKIN dan 788 PTKIS (Sumber: emispendis.kemenag.go.id)

Share This

Share this post with your friends!