Sabtu 16 September 2023 telah diadakan acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah oleh kedinasan Minat dan Bakat HMPS Perbankan Syariah dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah“ mengundang narasumber Agus Apriadi S.E., dan Zulkifli, S.E bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ( FEBI ) UIN Mataram dengan jumlah peserta 45 orang. Acara ini diadakan untuk menumbuhkan semangat serta memberikan manfaat untuk mahasiswa perbankan syariah dalam menuang ide dan gagasan secara tulisan. Di acara tersebut, Selain pemateri memberikan teori, pemateri juga langsung menggunakan sistem praktik karena dengan langsung menggunakan sistem praktik mahasiswa akan lebih mudah paham bagaimana tehnik-tehnik penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Dalam kesempatan ini, Ari Trisna Winata selaku ketua HMPS Perbankan Syariah, mengutarakan melalui pelatihan KTI ini diharapkan para mahasiswa perbankan syariah memahami dan mengerti tata cara pembuatan KTI, Artikel,dan makalah sesuai dengan buku panduan Skripsi UIN Mataram dan dari kegiatan diharapkan pula memiliki output yang jelas kedepannya, contoh menjadi awal untuk mahasiswa prodi perbankan syariah mengikuti event-event perlombaan baik itu tingkat lokal, nasional, maupun Internasional.

Acara pembukaan di pandu oleh Haula Mahawi selaku Master Of Ceremony. Acara ini dibuka dengan sambutan dari ketua kedinasan Minat dan Bakat HMPS perbankan syariah oleh Erika Amalia, kemudian sambutan kedua oleh ketua HMPS Perbankan Syariah Ari Trisna Winata dan sambutan terakhir sekaligus pembuka acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh ketua HMPS Perbankan Syariah.

Acara Selanjutnya adalah pembacaan Do’a oleh Muhammad Sya’rawi dan penutupan acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah oleh Master Of Ceremony, sebelum diserahkan ke moderator terlebih dahulu diadakan sesi foto bersama. Setelah itu acara di serahkan kepada Dania Darmayani selaku moderator dalam acara tersebut.

Setelah menyapa peserta, moderator mempersilahkan Pemateri 1 yaitu Agus Apriadi S.E untuk menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan Pemateri 2 yaitu Zulkifli S.E untuk memandu praktik pembuatan karya tulis ilmiah. Pelatihan karya tulis ilmiah pada pagi itu, Pemateri menjelaskan dalam penulisan karya tulis ilmiah tidak bisa asal-asalan atau mengarang saja,tetapi penulisan karya tulis ilmiah harus dapat menyumbangkan pemikiran baru yang tidak terlepas dari teori yang ada. Karya tulis ilmiah harus rinci dan fakta dan dapat dipertanggung jawabkan.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan praktik pembuatankarya tulis ilmiah yang dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan judul yang berbeda-beda dari setiap kelompok oleh pemateri 2. Setelah praktik selesai, acara ditutup oleh moderator. Acara terakhir yaitu penyerahan sertifikat kepada pemateri 1 dan pemateri 2 oleh ketua HMPS Perbankan Syariah.

Share This

Share this post with your friends!