Jum’at, 25 November 2022. Silaturrahmi Muamalat Institute (MI) ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Mataram digelar pada hari Jum’at, 25 November 2022 dengan agenda Sinergi Link & Match Industri – University bertempat di Ruang Rapat Terbatas FEBI yang dihadiri oleh Bapak Yudi Krisdianto selaku Head of Client Relationship MI bersama partnet, turut hadir Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah.

Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., mengutarakan bahwa pertemuan ini untuk ketiga kalinya setelah bersinergi dengan FEBI sebelumnya dan mengucapkan terimakasih atas kunjungannya ke FEBI kali ini.

Bapak Yudi Krisdianto menjelaskan tujuan silaturrahmi ke FEBI UIN Mataram guna mengimplementasikan bentuk dari PKS yang telah ditekan sebelumnya dengan beberapa program guna memfasilitasi skill dan knowledge mahasiswa agar mampu terserap lebih cepat di dunia kerja dan pihak Muamalat Institute memiliki tanggung jawab untuk memberikan literasi keuangan syariah kepada stakeholder dalam hal ini Civitas Akademika FEBI. Beliau menjelaskan ada beberapa program kedepannya yang akan dilakukan dengan FEBI, diantaranya implementasi MBKM, program sertifikasi untuk mahasiswa dan Dosen melalui program Magang serta training atau pembekalan menghadapi dunia kerja khusus untuk semester akhir agar lebih percaya diri untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., merespon hal tersebut dan menerangkan bahwa bentuk implementasi kedepannya tindak lanjut jumlah / kuota untuk mengikuti program sertifikasi untuk mahasiswa dan dosen yang banyak memberikan manfaat salah satunya sebagai penunjang akreditasi dan pendamping ijazah berupa SKPI nantinya. Beliau juga berharap kepada Muamalat Institute dapat mensupport penuh kegiatan yang dilakukan oleh FEBI baik itu kegiatan seminar dengan level nasional maupun internasional dimana mahasiswa FEBI yang akan menjadi event organizer seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

Selanjutnya, perihal MBKM, Dekan FEBI siap melibatkan mahasiswa dalam tim marketing baik funding, lending serta tim marketing Haji Milenial yang bisa dikonversi menjadi SKS Mata Kuliah yang ada di FEBI nantinya. Tidak hanya itu, beliau juga beraharap dapat menyelenggarakan Dosen tamu membahas entrepreneurship perbankan sambil memperkenalkan Inklusi Keuangan Syariah dan melibatkan Civitas Akademika FEBI sebagai tim literasi perbankan syariah baik berupa riset dan hal lainnya.

Sekretaris Program Studi Perbankan Syariah, Bapak Imronjana Syapriatama, M.SEI., juga berharap kepada Muamalat Institute memberikan dummy aplikasi perbankan syariah untuk dapat digunakan dalam praktik kedepannya oleh mahasiswa FEBI mengingat FEBI memiliki Laboratorium Mini-Bank tentunya didampingi dengan Training of Trainer melibatkan dosen dan mahasiswa nantinya.

Bapak Yudi Krisdianto, menyatakan kesiapan untuk mensupport keinginan FEBI UIN Mataram di tahun 2023 nantinya baik dari seminar internasional, program sertifikasi dan magang agar bisa dipercepat implementasinya di tahun depan.

Share This

Share this post with your friends!