Selasa, 26 Juli 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram selaku bagian Anggota dari AFEBIS PTKIN Se-Indonesia berkesempatan menghadiri kegiatan Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta yang ke-22 sekaligus menyemarakkan kegiatan The International Conference on Islamic Economics Studies ke-3 dengan tema Islamic Economy in Adapting Global Changes: Developing BUsiness Resilience and Digital Ecosystem yang dihadiri oleh Dekan FEBI dan pengelola jurnal dari 50 PTKIN Se-Indonesia bertempat di UIN Raden Mas Said Surakarta, dari hari Selasa – Kamis, 26 – 28 Juli 2022 dihadiri juga oleh Keynote Speakers yakni, Bapak Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag selaku Sekjen Kemenag RI, Bapak Prof. Dr. H. Mudofir, M.Ag selaku Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin, M.S.I selaku Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta dan Narasumber (Plenary Session) dari Ibu Sri Mulyani, M.Sc., Ph.D selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik indonesia, Ibu Prof. Dr. Dian Masyita selaku Guru Besar FEBI Universitas Padjadjaran, Bapak Prof. M. Kabir Hassan, Ph.D dari Department of Economics and Finance in The University of New Orleans dan Bapak Prof. Dr. Muhammad Ridhawan Ab. Aziz dari Faculty of Economics and Muamalat University Sains Islam Malaysia (USIM).

Dalam kesempatan ini, Dekan FEBI UIN Mataram Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., tekan MoU dengan Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Bapak Dr. Mohamad Rahmawan Arifin, M.S.I., dalam rangka penguatan dan tata kelola Jurnal serta dari sisi penguatan MBKM yang akan terpusat di Industri terbesar di Jawa Tengah akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa FEBI untuk berproses MBKM disana dengan multi perusahaan yang tentunya sudah dibuka. Beliau juga menuturkan sudah terbentuk dan diresmikannya Forum Jurnal AFEBIS, anggotanya terdri dari seluruh Jurnal yang ada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Se-Indonesia dengan tujuan terbentuknya komunikasi dan penguatan antar pengelola jurnal.

Adapun lingkup kerjasama MoU antar fakultas yakni dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pembinaan program studi S1 bidang Ekonomi dan Bisnis Syariah, Joint Research, Pembangunan Kampung Kreatif, Pertukaran dan Kunjungan staff pengajar, pengembangan kurikulum, kolaborasi dan pertukaran publikasi serta Visiting Lecturer.

Selanjutnya, Bapak Prof. Irwan Trinugroho, Ph.D yang menyampaikan materi saat Gala Diner dengan tema How To Publish Your Paper on Scopus Journal Easily, membeberkan beberapa point yang menjadi kendala mengapa banyak artikel yang ditolak, diantaranya Poor English; Bad Story, Even no Discussion; No Deeper Analysis; Fundamental Errors in Estimating Empirical Model; Do not know the current state-of-the-art; Only a Replication, no Uniqueness and no Contribution to the Existing Literature; No Robustness Checks dan Small Sample

Share This

Share this post with your friends!