Dalam rangka menghadiri Sidang Pleno XIX Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), pada hari Selasa (22/09/2022) delegasi FEBI UIN Mataram yang terdiri atas Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Wakil Dekan I FEBI Ibu Dr. Baiq EL Badriati, M.EI dan Bapak Muhammad Rido, M.M., berangkat menuju Palembang, Sumatera Selatan bersama perwakilan anggota dari 78 Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Gelaran Sidang Pleno XIX AFEBI tahun ini bertempat di Wyndham OPI Hotel dengan UIN Raden Fatah Palembang bertindak sebagai tuan rumah. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 6-8 September 2022 dengan berbagai agenda.

Hari pertama kegiatan seluruh Dekan anggota AFEBI berkumpul dalam Rapat Forum Dekan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) AFEBI Prof. Dr. Suharnomo, SE., M.Si. dengan bahasan “Paparan Pandangan AFEBI”. Dari agenda ini, diputuskan bahwa Kongres AFEBI akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Desember 2022 yang bertempat di Bali. Selain itu diputuskan pula perubahan atas periodesasi kepengurusan DPN AFEBI dari semula dua tahun menjadi tiga tahun.

Pada waktu yang bersamaan, digelar pula Workshop Journal Session yang membahas progress serta rencana ke depan dari jurnal-jurnal yang berada di bawah naungan AFEBI. Setelah itu, pada malam harinya seluruh delegasi dijamu dalam agenda Welcome Dinner yang bertempat di Gedung Rektorat Kampus B UIN Raden Fatah Palembang.

Agenda utama kegiatan ini yaitu Sidang Pleno XIX AFEBI diselenggarakan pada hari kedua, Rabu 7 September 2022,  dihadiri oleh seluruh delegasi peserta dari anggota AFEBI dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin. Hadir pula Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, M.Si dan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH., MM.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, memaparkan empat strategi yang diperlukan dalam mengatasi berbagai krisis yang saat ini terjadi. Pertama, memperkuat suplai dan rantai pasok kebutuhan pokok agar tidak memunculkan gangguan distribusi barang dan jasa. Kedua, menata kebijakan fiskal dan moneter secara hati-hati dan efektif dalam rangka menjaga stabilitas makroekonomi. Ketiga, mempercepat inovasi dan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. Dan yang terakhir, keempat, mendorong pemerataan dan keadilan ekonomi.

Sebelum menutup sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan Sidang Pleno XIX AFEBI, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin berpesan kepada seluruh Dekan FEB se-Indonesia untuk merumuskan teori dan konsep ekonomi yang sesuai konstitusi sehingga tujuan bernegara yakni “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” bisa menjelma di Negeri yang tercinta ini.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Sidang Pleno ke-XIX Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) dibuka secara resmi. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru mendukung penyelenggaraan acara yang diinisiasi AFEBI ini, karena menurutnya hal ini menunjukkan bahwa makin banyak penelitian lintas disiplin ilmu dilaksanakan. Sementara itu , Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, M.Si melaporkan bahwa Sidang Pleno AFEBI ke-19 ini dihadiri oleh kurang lebih 195 peserta dari 78 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Beliau mencatat, jumlah peneliti dan ketersediaan ilmuwan dari lulusan pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) di Indonesia masih sangat rendah dibanding negara lain. Untuk itu peran peneliti dan ilmuan dalam pembangunan ekonomi Indonesia sangat diperlukan.

Setelah selesai pembukaan, agenda selanjutnya adalah Sidang Pleno XIX AFEBI. Tema besar yang diangkat adalah “The future of business school”. Terdapat beberapa pembicara dalam agenda ini, diantaranya Aldrin Herwany, SE., MM., Ph.D (Atase Dikbud RI untuk New Delhi), Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., M.Si., Ak., CA. (Dekan FEB UNPAD), Imam Baihaqi, ST., M.Sc., Ph.D. (Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS), Ketua Umum Certified Wealth Manager’s Association (CWMA) dan Lian Chen (Senior Accreditation and Member Service Manager – AACSB).

Pada hari terakhir, Rabu tanggal 8 September 2022, rangkaian kegiatan Sidang Pleno XIX AFEBI  ditutup dengan agenda kunjungan objek wisata dalam agenda City Tour. Beberapa destinasi wisata yang dikunjungi diantaranya Wisata Gelora Sriwijaya Jakabaring, Wisata Masjid Cheng Ho, Spot Wisata Dalam 1 Area (Jembatan Ampera, Kuto Besak dan Tugu Ikan Belido) serta Wisata Pulau Kemaro.

Share This

Share this post with your friends!