Forum Kerjasama Pondok Pesantren (FKSPP) Kabupaten Lombok Timur menggelar agenda halal bihalal dirangkaikan dengan Seminar Pengembangan Ekonomi untuk Kemandirian Pondok Pesantren di Ponpes Jihadul Muslimin, dihadiri oleh Dekan FEBI sekaligus menjabat sebagai Ketua PINBUK NTB Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag dan Ketua DPW Himpunan Ekonomi Santri Pondok Pesantren (HEBITREN) NTB Bapak H. Dahlan juga menjabat sebagai Guru di Pondok Pesantren di Nurul Haramain Narmada serta turut hadir Pimpinan Pondok Pesantren se-Lombok Timur.

Bapak Dr. Mugni, selaku Ketua FKSPP Kabupaten Lombok Timur yang juga mewakili Bupati Lombok Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa potensi pondok pesantren harus dimaksimalkan lagi dengan sebaran ponpes di 241 titik di Lombok Timur dengan cara saling memantapkan kembali visi dan misi serta tujuan dalam rangka kemajuan dan tumbuh kembang antar pondok pesantren terutama di bidang ekonomi.

Pentingnya kegiatan ekonomi di lingkungan pondok pesantren menjadi topik yang dibawakan oleh Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag dipandu oleh Bapak Lalu Usman Ali, M.Pd, Dosen Pendidikan Fisika di UIN Mataram, salah satunya meneladani Rasulullah SAW terkait berniaga dan beliau akan menerapkan aplikasi pendukung yang akan dipraktikkan di Ponpes khususnya di Lombok Timur sambil menunggu arahan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Selanjutnya Bapak H. Dahlan menyampaikan terkait potensi yang dimiliki oleh pondok pesantren di lombok timur bisa maju dan makmur jika menerapkan 2 kategori ekonomi yakni konvensional dan modern / usaha tentunya tidak dengan proses yang berbelit-belit.

Ustadz Saparudin, selaku tuan rumah berterima kasih atas kunjungan semua pihak yang terlibat dalam agenda ini. “Ini adalah keberkahan dan barokah ponpes Jihadul Muslimin dihadiri oleh orang-orang soleh” ungkap beliau yang juga Ketua KAHMI Lombok Timur.

Share This

Share this post with your friends!