Jumat, 8 Juli 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram menggelar acara yudisium ke-10 program sarjana strata 1 dengan lulusan sebanyak 275 mahasiswa dengan jumlah predikat cumlaude 120 mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan 1 Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.S.I., Kabag TU FEBI Bapak H. Sanusi, M.M., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A dan Bapak Gatot Suhirman, M.S.I., Kaprodi dan Sekprodi Perbankan Syariah Bapak Dr. Sanurdi, M.S.I dan Bapak  Imronjana Syapriatama, M.SEI., Kaprodi dan Sekprodi Pariwisata Syariah Bapak Dr. Muhamad Johari, M.S.I dan Bapak Wahyu Khalik, M.Par., Seluruh Bapak/Ibu Dosen FEBI dan Tenaga Kependidikan bertempat di Gedung Auditorium UIN Mataram Kampus II.

Bapak H. Sanusi, M.M membacakan Surat Keputusan Nomor 1076/Un.12/PP.00.9/FEBI/07/2022 tentang Peserta Yudisium ke-10 Program Sarjana Strata 1 FEBI UIN Mataram. Berdasarkan Surat Keputusan 1073/Un.12/PP.00.9/FEBI/07/2022 tentang Lulusan Terbaik Utama FEBI UIN Mataram diraih oleh Saudari Esy Aulia dari Program Studi Perbankan Syariah dengan IPK 3.77 Predikat Cumlaude, disusul Saudari Emi Aprianti dari Program Studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3.77 Predikat Cumlaude dan Saudari Ita Anzilir Rahmah dari Program Studi Pariwisata Syariah dengan IPK 3.60 Predikat Cumlaude dengan Surat Keputusan Nomor 1074/Un.12/PP.00.9/FEBI/07/2022 tentang Lulusan Terbaik Program Studi FEBI UIN Mataram.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I, yudisium ini merupakan starting point untuk langkah kedepannya. Beliau juga mengarahkan agar melanjutkan studi ke jenjang S2 dan mengingatkan agar tetap mengingat jasa guru dan dosen semenjak perkuliahan terkait ilmu yang diberikan.

Ita Anzilir Rahmah menyampaikan kesan dan pesan bagi seluruh civitas akademika FEBI UIN Mataram terkait peran mahasiswa untuk membawa nama baik Prodi dan FEBI dan beliau merasa bangga menjadi salah satu lulusan dari FEBI UIN Mataram dengan pengorbanan selama ini dalam mengikuti perkuliahan dan penyusunan skripsi didukung dengan sarana dan prasana mumpuni guna kondusifitas pembelajaran.

Selanjutnya, Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menuturkan bahwa FEBI sudah mencapai target 1 tahun 50% Dosen sudah memiliki ID Scopus dan menargetkan di akhir tahun bisa mencapai angka 75%. Hal tersebut tentunya berdampak ke depan, khususnya alumni FEBI dimana mahasiswa bangga menggunakan almamater FEBI UIN Mataram dan membuka peluang mitra kedepan bagi alumni FEBI untuk mengakses pekerjaan. Lulusan semester genap ini merupakan tertinggi dari seluruh fakultas yang ada di UIN Mataram dan merupakan hasil kerjasama tim FEBI. Harapannya, saat wisuda nanti mahasiswa FEBI tidak perlu menunggu lama untuk langsung mendapatkan ijazah. Beliau juga menjelaskan bahwa jika melihat grafik FEBI menjadi peminat terbesar dari fakultas lain di UIN Mataram dengan daya saing tinggi 6 besar di PTKIN Indonesia dan kedepan FEBI UIN Mataram dengan Geopark Rinjani Lombok dan Unesco akan menggelar gebyar UMKM entrepreneurship serta menghimbau alumni untuk bergabung mengembangkan UMKM.

Dalam kesempatan ini, Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., mengutip kata Dirjen Kemenag, “Masa lalu milik pelajar, masa depan milik para pembelajar”. Beliau mengajak peserta yudisium untuk melanjutkan kuliah pascasarjana di UIN Mataram yang memiliki S2 Ekonomi Syariah, jangan merasa puas dengan Sarjana Strata 1, semua memiliki potensi dan kompetensi yang sama untuk lanjut ke jenjang berikutnya. Beliau juga menjelaskan bahwa FEBI termasuk fakultas favorit di UIN Mataram dan masuk 6 besar di PTKIN berkat daya tarik disamping kurikulum dan substansi yang berbanding lurus dari impian dan harapan dari stakeholder. Harapan beliau untuk tetap memperkuat jejaring salah satunya guna implementasi MBKM kedepannya agar pasca wisuda, alumni tidak susah untuk belajar dan adaptasi secara cepat kedepannya serta mengingatkan kepada peserta yudisium agar menyelesaikan administrasi secepatnya guna percepatan proses ijazah. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran FEBI agar tetap bersaing dengan fakultas lainnya dan saling memberikan maslahat.

Share This

Share this post with your friends!