Senin, 18 April 2022. Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag bersama Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Drs. H. Subuhi, M.Pd.I, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Kaprodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A yang ikut menunaikan zakat di Stand Zakat berlokasi di Lt. 1 Gedung Perpustakaan UIN Mataram. Turut hadir Wakil Ketua 1 Baznas Provinsi NTB Bapak TGH. Pattimura Farhan, M.H.I bersama HMJ Ekonomi Syariah dan Forum Kajian Ekonomi Syariah (FOKES) FEBI UIN Mataram.

Dalam kesempatan ini, Rektor UIN Mataram menghimbau kepada seluruh civitas akademika dan kaum muslimin secara umumnya, di bulan suci Ramadhan ini untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui Baznas Provinsi NTB saat ini bisa melalui stand zakat berlokasi di UIN Mataram untuk transaksinya bisa secara manual dan digital yang memiliki hikmah luar biasa dan insya allah akan mendapatkan balasan dari Allah SWT berupa rezeki bertambah dan hidup yang barokah.

Fundraising yang dilaksanakan kali ini bertema “Cinta Zakat Menyejahterakan Ummat” merupakan sinambungan dari tema tahun sebelumnya yakni “Gerakan Cinta Zakat”. Kaprodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A melanjutkan, hari ini menjadi hari pertama Stand Baznas dibuka. Kegiatan ini merupakan Implementasi dari MoU yang sudah dilaksanakan serta sudah diadakannya BIMTEK Fundraising Zakat yang sudah pernah dilakukan 14 April lalu. Kegiatan ini juga sebagai sarana praktik bagi mahasiswa/i prodi Ekonomi Syariah yang insya Allah akan dilakukan hingga menjelang H-5 Hari Raya Idul Fitri. Zakat yang terkumpul nantinya akan dikembalikan ke UIN  Mataram guna penyalurannya diberikan kepada yang berhak seperti Staff Cleaning Service, Penjaga Malam dll, jadi Baznas hanya menjadi pencatat saja.

Rendahnya literasi zakat terhadap masyarakat memacu FEBI UIN Mataram dengan Baznas Provinsi NTB untuk melakukan jemput bola ke masyarakat. Dalam praktiknya, masyarakat lebih sering menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah langsung kepada penerima dimana. Hal tersebut menyebabkan kurang efektifnya penyaluran zakat ke masyarakat banyak. Jika masyarakat menyalurkan zakat melalui Baznas, maka hasil zakat yg diberikan bisa diberikan ke banyak masyarakat sehingga lebih produktif seperti modal kerja, bantuan usaha dan program lainnya guna meningkatkan ekonomi ummat.

Share This

Share this post with your friends!