Jum’at, 30 November 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram lakukan benchmarking ke FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan tujuan melakukan studi banding penguatan Tenaga Kependidikan (TENDIK) serta menggali tips dan trik menuju akreditasi Program Studi unggul yang diikuti oleh 11 Tendik FEBI UIN mataram didampingi oleh Wakil Dekan II Dr. Khairul Hamim, M.A., dan Wakil Dekan III Dr. Muhamad Yusup, M.Si., turut dihadiri oleh Dekan FEBI UIN Suka Dr. Afdawaiza, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. Sunaryati, M.Si., Wakil Dekan III Dr. Ahmad Salehudin, M.A., Kepala Sub Bagian Keuangan Susan Herawati, S.Pd., dan seluruh staff Tendik bertempat di Ruang Meeting FEBI UIN Suka Yogyakarta.

Dr. Afdawaiza, M.Ag., mengucapkan selamat datang di FEBI UIN Suka Yogyakarta dan menyampaikan perkembangan kampus saat ini, dimana segi akreditasi masing-masing prodi sudah unggul dan ditahun 2024 3 Program Studi akan maju untuk akreditasi Internasional FIBAA didukung eksposure / nuansa kegiatan internasional. Beliau melanjutkan, untuk di tahun ini telah mengirim mahasiswa ke 3 kampus Internasional, untuk membawa pengalaman di lingkungan baru dan segala aktifitasnya mengikuti BKM Internasional, Magang Internasional yang dikemas dalam satu kegiatan yakni Student Exchange. Kegiatan lainnya, seperti International Shortcourse, mendatangkan mahasiswa asing yang belajar selama 1 minggu, dari 13 negara seperti India, Pakistan, Madagaskar, Sierra Leone dll., dimana menjadi tabungan akreditasi Fakultas.

Dalam kesempatan ini, Dr. Sunaryati, M.Si., menjelaskan jumlah mahasiswa sebanyak 2.630 aktif dengan 4 Program Studi Sarjana Strata I Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah dan Manajemen Keuangan Syariah, dimana setiap tahunnya menerima 650 mahasiswa yang masuk. Beliau merespon yang disampaikan oleh Dekan FEBI Dr. Afdawaiza, M.Ag., jalur alternatif lain shortcourse yakni dengan skema Scholarship. Dari segi Tenaga Kependidikan, harus dibekali juga dengan program pengembangan kompetensi, benchmarking, pelatihan, capacity building, motivasi, komunikasi skill dan semua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Dr. Muhamad Yusup, M.Si., mengucapkan terima kasih hari ini dapat diterima untuk bersilaturrahmi ke FEBI UIN Suka Yogyakarta dan menyampaikan perkembangan di FEBI UIN Mataram, dimana tanggal 27-28 lalu, telah sukses menggelar The 3rd ICFBB disamping juga menjadi tabungan akreditasi. Beliau berharap, dengan kunjungan hari ini, kedepannya dapat men-design bersama Benchmarking International, PKL (Magang) Internasional antar kedua kampus.

Selanjutnya, Arya Hukmi, M.M., Kabag TU FEBI UIN Mataram berharap juga kedepannya Tendik FEBI UIN Suka Yogyakarta bersama FEBI UIN Mataram dapat melakukan kegiatan nasional dan Internasional.

Share This

Share this post with your friends!