Kamis, 30 November 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram lakukan benchmarking ke Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan tujuan melakukan studi banding penguatan Tenaga Kependidikan (TENDIK) serta menggali tips dan trik menuju akreditasi Program Studi unggul yang diikuti oleh 11 Tendik FEBI UIN mataram didampingi oleh Wakil Dekan II Dr. Khairul Hamim, M.A., dan Wakil Dekan III Dr. Muhamad Yusup, M.Si., turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FE UIN Malang Prof. Dr. Siswanto, M.Si., Wakil Dekan III Dr. Indah Yuliana, S.E., M.M., Kabag TU Hilmy, S.H., CRMP dan staff Tendik FE UIN Malang bertempat di Ruang Meeting FE UIN Malang.

Dr. Indah Yuliana, S.E., M.M., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan menyampaikan perkembangan kampus dimana sudah terbentuk unit dan laboratorium untuk support semua kegiatan di tingkat fakultas, program studi dan unit (ormawa) guna mempermudah di tingkat pelaksanaannya. Beliau juga menyampaikan dari segi Tenaga Kependidikan harus mulai menggarap rekognisi dan memperluas jaringan serta kegiatan yang berbau Internasional guna mendukung progress Akreditasi Prodi di FEBI UIN Mataram.

Selanjutnya, Dr. Muhamad Yusup, M.Si., menjelaskan bahwa di hari Senin-Selasa lalu, FEBI UIN Mataram telah sukses menggelar event The 3rd ICFBB, event 2 tahunan Fakultas yang akan menjadi tabungan akreditasi, lalu dilanjutkan hari ini seluruh Staff Tendik FEBI melakukan agenda benchmarking guna mempelajari bagaimana prodi di FEBI UIN Mataram mendapat akreditasi prodi unggul. Beliau juga menjelaskan, untuk 3 Prodi di FEBI saat ini, Ekonomi Syariah yang masih menyandang akreditasi C, Perbankan Syariah dengan akreditasi B dan Pariwisata Syariah di akreditasi C, semoga di tahun 2024 besar harapan menjadi prodi yang unggul didukung dengan tabungan akreditasi yang sudah dilakukan, seperti Student Mobility dan Joint Research ke UiTM Malaysia bulan lalu, dan dalam waktu dekat beliau akan mencoba design kegiatan bersama FE UIN Malang di tahun depan untuk bekerjasama event internasional.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Siswanto, M.Si., menjelaskan bahwa untuk mencapai akreditasi unggul dimana pihak kampus juga harus memiliki mahasiswa asing yang kuliah di FEBI UIN Mataram, didukung oleh International Office yang harus gencar promosi ke kedutaan-kedutaan besar serta dilengkapi sarana-prasarana kampus. Selain itu, kebijakan afirmasi akademik yang harus dipayungi hukum baik berupa surat dan diperkuat oleh Surat Keputusan (SK) dari Dekan / Wakil Dekan I terkait pembebasan ujian skripsi jika terbit di Sinta 2, pengecualian untuk Sinta 4 tidak ujian skripsi namun tetap mengerjakan skripsi. Hal ini, disupport juga dari segi reward yagn diberikan kepada Dosen Pembimbing dan Mahasiswa dengan kategori Sinta 2, Sinta 3 & 4 di angka reward yang berbeda.

Share This

Share this post with your friends!