Dalam rangka diadakannya Pelatihan Jurnalistik ke dua oleh kedinasan Humas dan Kemahasiwaan HMPS Perbankan Syariah UIN Mataram dengan tema “Teknik Penulisan Berita, Penyuntingan Naskah dan Photo Jurnalistik” tanggal 10 September 2023. Kedinasan Humas dan Kemahasiswaan mengundang pemateri yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya, yaitu bapak Chae Khairil Anwar, M.Pd.I. Kegiatan tersebut diadakan di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Mataram. Alasan diadakan pelatihan tersebut supaya kedepannya bisa menciptakan calon jurnalis muda yang beretika dan bertanggungjawab sesuai dengan kode etik jurnalistik. Dan melatih para mahasiswa dalam menyiapkan diri untuk menghadapi tugas akhir dalam masa perkulihan nanti.  

Acara pembukaan dipandu oleh saudari Annisa Rizkia selaku Master Of Ceremony. Kemudian dibuka dengan sambutan pertama dari ketua kedinasan Humas dan Kemahasiswaan HMPS Perbankan Syariah, yaitu saudara Tri Kurniawan. Dilanjut sambutan kedua oleh wakil ketua HMPS Perbankan Syariah, saudara Irwan Kerana Mentari. Dan sambutan terakhir sekaligus pembuka acara Pelatihan Jurnalistik ke dua oleh bapak ketua prodi Perbankan Syariah, yaitu bapak Dr. Sanurdi, M.SI. Setelah sambutan-sambutan disampaikan, hadirin yang hadir dalam acara tersebut serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh saudari Dania Darmayani.

Acara Selanjutnya adalah pembacaan doa oleh saudara Lalu Dimas Destu Adrian. Kemudian penutupan acara pembukaan latihan tersebut oleh Master Of Ceremony. Tetapi, sebelum diserahkan ke moderator terlebih dahulu ada sesi foto bersama sebagai dokumentasi. Setelah itu, acara diserahkan kepada saudari Baiq Fadilaturrahmi selaku moderator dalam pelatihan tersebut. Setelah menyapa peserta pelatihan, moderator mempersilahkan bapak Chae Khairil Anwar, M.Pd.I untuk menyampaikan materi pelatihan jurnalistik yang kedua pada sore itu. Pemateri menjelaskan betapa pentingnya pengetahuan tentang dunia penjurnalistikan. Supaya kita dapat membedakan mana fakta atau opini dan kebenaran atau hanya sekedar isu.

Dan acara terakhir penutupan, yang ditutup langsung oleh moderator dikarenakan mengingat pada waktu itu suara azan maghrib sudah terdengar. Dan untuk sesi tanya jawab ditiadakan karena waktu sudah limit. Kemudian penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh ketua HMPS Perbankan Syariah.

Share This

Share this post with your friends!