Jumat, 28 Oktober 2022 . Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam Universitas Islam Negeri Mataram menggelar agenda Yudisium ke-11 Program Sarjana Strata I Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., Dekan FEBI Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah, Bapak/Ibu Dosen dan Staff FEBI serta 194 mahasiswa yang akan di yudisium bertempat di Auditorium UIN Kampus 2.

Lulusan terbaik utama FEBI UIN Mataram diperoleh Mahasiswa dari Program Studi Perbankan Syariah, Bintang Pratiwi dengan IPK 3,77. Lulusan terbaik untuk masing-masing Program Studi diraih oleh Bintang Pratiwi untuk Program Studi Perbankan Syariah, Ulfa Hantika Safitri untuk Program Studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,71 dan Maulana Ishaq untuk Program Studi Pariwisata Syariah dengan IPK 3,65.

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., selaku Ketua Pelaksana agenda ini menuturkan bahwa sebanyak 194 mahasiswa terdiri dari 46 mahasiswa dari Program Studi Pariwisata Syariah, 78 mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah dan 70 mahasiswa berasal dari Program Studi Perbankan Syariah di dominasi angkatan 2018. Beliau juga mengucapkan selamat kepada peserta yudisium dan ini merupakan langkah awal dalam membangun cita-cita setinggi langit dan tetap menjaga nama baik almamater.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., selaku Dekan FEBI menyampaikan turut berbahagia dan berterima kasih kepada peserta yudisium karena sudah memberikan kepercayaan kepada FEBI UIN Mataram untuk dibina oleh Bapak/Ibu Dosen walaupun dirasa kurang maksimal dalam mentransfer ilmu kepada mahasiswa karena melihat kondisi banyak musibah seperti gempa di tahun 2018 dan musibah Covid-19 dimana sistem pembelajaran dilakukan secara online selama 2 tahun dibandingkan kuliah secara offline. Beliau berharap, dengan terjadinya krisis global akibat Covid-19, alumni nantinya bisa menjawab tantangan di masa ini dan mendatang serta berinovasi membuat lapangan kerja, memanfaatkan peluang yang ada.

“Jumlah peserta yudisium hari ini, menunjukkan bahwa dari sisi presentasenya Insya Allah FEBI terbanyak dari fakultas lain”, Ungkap Dekan FEBI. Hal ini merupakan hasil sinergi antar mahasiswa dengan para dosen dan para alumni ini nantinya menjadi representative dari FEBI dan UIN Mataram. Beliau menyampaikan juga, bahwa seluruh jajaran Pimpinan, Dosen dan Staff selalu berbenah diri demi kebaikan FEBI kedepan dalam segala hal. Untuk infrastruktur dirasa sudah memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan semoga FEBI menjadi fakultas yang terbaik di UIN Mataram dan lebih luas se-NTB serta siap bersaing dengan kampus lain didukung dengan bakat dan potensi yang dimiliki oleh civitas akademika FEBI.

Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., selaku Wakil Rektor I UIN Mataram, menyampaikan yudisium ini merupakan akad bagi peserta yudisium untuk sah menyandang gelar S.E dan akan di Wisuda pada tanggal 29 November 2022. Beliau berpesan beberapa hal, “banggakan orang tua kalian dengan kesuksesan”, karena itu merupakan langkah awal setelah lulus dari kampus ini. Namun, jangan pernah merasa puas dengan gelar Strata I, raihlah pendidikan setinggi-tingginya karena banyak beasiswa yang bisa menjadi jembatan untuk meraih hal tersebut.

“Untuk permasalahan linieritas, apapun pekerjaannya tidak menjadi masalah, ingat kuliah di UIN Mataram yang menjadi simbol kejujuran yang bisa dibayar dengan harga mahal. Alumni nantinya harus kerja secara profesional, kerja secara maksimal dan bekerja sesuai dengan profesi, maksimalkan diri”, ungkap Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag. Beliau juga menyampaikan saat agenda wisuda nanti, mahasiswa akan menerima ijazah, transkrip nilai dan SKPI secara langsung.

Bintang Pratiwi, mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah yang meraih Lulusan Terbaik Utama dan Program Studi Perbakan Syariah menyampaikan pesan & kesannya selama proses perkuliahan. Bintang Pratiwi menyampaikan terima kasih kepada pihak kampus UIN Mataram khususnya FEBI atas segala dukungan dan bantuannya kepada Dosen FEBI yang telah menunaikan pengabdiannya kepada mahasiswa. “Tidak hanya mengajar, namun mengayomi kami dengan baik”, ujar Bintang Pratiwi. Selanjutnya, Bintang Pratiwi juga mengajak kepada seluruh peserta yudisium untuk tunjukkan kualitas diri kita dan harus merasa bangga memakai almamater UIN Mataram dan tetap upgrade diri, junjung tinggi akhlak islamiah.

Share This

Share this post with your friends!