Senin, 07 Maret 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah melaksanakan kegiatan Studium General merupakan agenda rutin yang diadakan secara tatap muka dan secara virtual.

Tema Studium General kali ini yaitu: “MBKM: Membangun Kemandirian Generasi Milenial yang Kreatif dan Inovatif”. Tema ini erat kaitannya dengan kesiapan dari mahasiswa/I FEBI untuk mempersiapkan diri dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menerangkan bahwa FEBI sudah membangun sinergi dengan beberapa lembaga seperti Kementerian Sosial  dengan mengutus 11 orang mahasiswa untuk program Pejuang Muda ke Kalimantan barat, sinergi dengan Muamalat Institute  sebanyak 113 mahasiswa yang sudah terdaftar, Bank NTB Syariah yang siap bersinergi juga untuk Kampus merdeka dimana mahasiswa/i yang nantinya tergabung disana akan di Training dalam bidang marketing digital dan harapan terbesar dari FEBI harus Go International melalui program Study Banding yang akan dilakukan oleh 5 hingga 10 mahasiswa/i di salah satu Universitas di Malaysia yang memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang akan didampingi oleh Dosen tentunya serta kedepannya , di semester berikutnya 2 hingga 3 mahasiswa/i bisa belajar 1 semester di luar negeri.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. TGH. Masnun Tahir, M.Ag mengapresiasi dan berterima kasih FEBI sudah mengadakan kegiatan Studium General ini dalam rangka memperkuat pemahaman kita. Mahasiswa zaman sekarang dituntut tidak sekedar kompetisi di dalam kampus saja tetapi mampu berkompetisi diluar kampus dengan harapan alumni FEBI bisa berkontribusi  tidak sekedar akademik dan intelektual performance, tetapi fisik performance di tengah masyarakat. Esensi dari MBKM ini, kita bisa membangun dan mengembangkan karakter dan jejaring antar stakeholder sebagai contohnya jejaring internasional di Malaysia agar segera di Follow up untuk direalisasikan.

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB tentang Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi Bidang Pendidikan (Pengembangan, Pendampingan dan Pembinaan Pendidikan), Bidang Penelitian (Joint Research), Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

Agenda selanjutnya, penyampaian materi dari Ketua Kantor Wilayah Kemeterian Agama Provinsi NTB Bapak Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag. dengan judul “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Membangun Generasi Milenial yang Kreatif dan Inovatif di Era Digital”. Beliau membuka materi dengan mengutip kata-kata dari Presiden RI Pertama Bapak Ir. Soekarno “Berikan aku 10 pemuda maka niscaya akan kuguncangkan dunia”. Kampus Merdeka sesungguhnya adalah bagaimana mahasiswa/i dikampus memiliki inovasi dan kreatifitas tidak hanya berbicara tentang teori tetapi praktiknya dalam realita yang kurang, karena pemuda hari ini akan memegang masa depan. Adapun jejak perekonomian di Indonesia, yaitu mulai dari Era Pertanian, Era industrial, Era Informasi dan Era Kreatif yang saat ini masih berkembang di zaman Menparekraf Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Pesan beliau untuk mahasiswa/i FEBI, jangan pernah ada sifat malu dan malas bergerak, jadilah pemuda yang lebih baik dengan 4C (C-Generation), yaitu Connected (Kerjasama), Creative (Kreatif), Character (Karakter), Collaborative (Kolaborasi) dengan mimpi besarnya ingin mewujudkan Indonesia yang Cerdas dan Gegas (Cergas) guna semakin bertumbuh dan berkembang mengarah kepada cita-cita yang ingin dicapai.

Share This

Share this post with your friends!