Mahasiswa FEBI UIN Mataram diwakili oleh Saudari Nia Supiani selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (HMJ – EkSyar) dan Saudari Sahratul Azrima selaku Ketua Divisi Kajian dan Keilmuan Forum Kajian Ekonomi Syariah (FOKES) bangga dapat berkesempatan mengikuti agenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Ke-II Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi Syariah (FORNAS MESYA) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HM-PS EKSYAR) IAIN Bone tanggal 2 – 4 Juni 2022 bertempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Agenda ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Bone Bapak Dr. H. Lukman Arake, Lc., M.A., Dekan FEBI IAIN Bone Ibu Dr. Astuti, S.Ag., M.Pd., Ketua Prodi Ekonomi Syariah Ibu Dr. Sitti Nikmah Marzuki, S.EI., M.E., dan Ketua Prodi Perbankan Syariah Ibu Haslindah, S.E., M.Si., dan 18 PTKIN Seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan FORNAS MESYA untuk kali ini diawali Seminar Nasional dengan tema “Digital Tehcnology Automation Movement Untuk Mendorong Keuangan Syariah Era Metavers”. Turut hadir Keynote Speech Bupati Kabupaten Bone Bapak Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.SI dan Narasumber 1 Bapak Ismail Bachtiar, S.K.M Anggota DPRD Provinsi Sulses, Narasumber 2 Bapak Dr. Syaparuddin, S.Ag., M.SI., dosen FEBI IAIN Bone dan Narasumber 3 Ibu Farida Hanafing, S.T., selaku Ketua UMUM DPC IWAPI Bone ditemani Moderator Bapak Hartas Hasbi, S.E., M.Ak Dosen FEBI IAIN Bone.

Selanjutnya pelantikan pengurus FORNAS MESYA yang diketuai oleh Iip Parikesit Arumbinang Rahman dari UIN Purwokerto dilanjutkan Rapat Kerja Nasional dengan 4 sidang pleno. Pleno pertama membahas tentang Tata Tertib, pleno kedua pembentukan komisi, pleno ketiga pembentukan Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan rapat kerja bidang. UIN Mataram diwakili oleh Saudari Nia Supiani menempati divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) dengan program kerja penataan database mahasiswa dari semua kampus yang memiliki prodi Ekonomi Syariah, Apreciation Of The Year terkait keaktifan dan kontribusi masing-masing HMPS di FORNAS MESYA, MESYAR Beraksi yakni di setiap wilayah nantinya akan dilakukan penelitian dengan tema tertentu dan Monitoring HMPS – Eksyar.

Lomba Karya Tulis Ilmiah juga menjadi rangkaian dalam agenda ini diikuti oleh 15org peserta salah satunya Saudari Sahratul Azrima yang berhasil mendapatkan Juara Harapan II dengan mengusung tema “Sahza: Pemanfaatan E-Commerce SAHZA Berbasis Web Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM pada Bidang Industri Halal di NTB” dengan tujuan untuk mengetahui peran e-commerce website ini sebagai wadah terhadap proses pemasaran yang belum optimal dalam hal industri halal dengan metode penelitian studi kepustakaan dan metode data skunder dengan harapan adanya Sahza: e-commerce website ini dapat menjadi pilihan alternatif untuk memberikan kontribusi terhadap pemasaran industri halal yang sedang berkembang di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Share This

Share this post with your friends!