Mataram: Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, memberikan apresiasi tinggi terhadap model gerakan sosialisasi UIN Mataram dalam meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Beliau menyampaikan hal tersebut dalam pembukaan kegiatan Bimtek Sosialisasi Pendaftaran Mahasiswa Baru melalui jalur UMPTKIN Tahun 2024 yang diadakan di Jakarta. Kamis, 16/05/2024


Wibowo Prasetyo dalam arahanya menjadikan UIN Mataram sebagai rool model yang telah sukses melakukan gerakan sosialisasi yang efektif dalam meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Strategi yang dilakukan UIN Mataram juga bisa diadopsi oleh kampus lain dengan cara melibatkan seluruh komponen dalam melakukan sosialisasi kampus, pemanfaatan media sosial secara maksimal, penguatan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti sekolah, madrasah, dan pondok peantren.
Ketua Panitia Nasional Bimtek, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa humas dan Tim TIK harus bersinergi dalam melakukan kampanye massif untuk menyosialisasikan pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur UMPTKIN. Beliau menekankan bahwa humas bertanggung jawab untuk membuat konten sosialisasi yang menarik dan informatif, sedangkan Tim TIK bertanggung jawab untuk menyebarkan konten tersebut melalui berbagai platform digital.


Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag., yang juga sebagai ketua forum rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa humas harus mampu melakukan fungsi sosialisasi secara TSM: terstruktur, sistemik dan massif. Beliau juga menekankan bahwa humas yang baik adalah humas yang mampu menaikkan citra branding kampusnya masing-masing.
Wibowo Prasetyo dalam paparannya menegaskan bahwa promosi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN harus dilakukan sepanjang tahun, bukan hanya saat musim Penerimaan Mahasiswa Baru saja. Beliau menekankan pentingnya penggunaan media sosial dan kerjasama dengan media patner baik cetak maupun online dalam upaya mempublikasikan prestasi-prestasi PTKIN secara luas. Hal ini diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap PTKIN menjadi lebih positif dan dianggap sebagai destinasi utama dalam pendidikan tinggi keagamaan.

Sumber: https://uinmataram.ac.id/stafsus-wibowo-sanjung-model-gerakan-sosialisasi-uin-mataram-makin-maju-melaju-lompatan-besar-menjadi-kampus-paling-diminati-pendaftaran-mahasiswa-baru/

Share This

Share this post with your friends!