Selasa, 21 Februari 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam gelar yudisium program sarjana strata I untuk semester genap tahun akademik 2022/2023 yang dihadiri oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Dekan FEBI Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Kaprodi Sekprodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Pariwisata Syariah, Bapak/Ibu Dosen dan Tenaga Kependidikan FEBI dan 126 peserta yudisium bertempat di Auditorium UIN Mataram.

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., sebagai ketua panitia dalam agenda ini, menyampaikan total mahasiswa/i yang di yudisium hari ini mencapai 126 mahasiswa dengan rincian 38 orang untuk Program Studi Ekonomi Syariah, 65 orang untuk Program Studi Perbankan Syariah, 23 orang untuk Program Studi Pariwisata Syariah. FEBI menjadi peringkat kedua terbanyak peserta yudisium setelah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan beliau juga menyampaikan selamat kepada mahasiswa/i serta tetap jaga nama baik almamater dimanapun tempat bekerja/mengabdi.

Selanjutnya Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan ini dan menyampaikan kedepan FEBI telah disiapkan satu kelas internasional dimana mahasiswanya berasal dari luar negeri yang harus diapresiasi dengan tujuan mendapatkan pengakuan internasional. Beliau juga menjelaskan bahwa di tahun ini tetap akan diwisuda 3x setiap 1 tahun, salah satunya akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2023 dengan total wisudawan mencapai 600 orang sekaligus menerima ijazah dan transkrip nilai.

Dalam kesempatan ini, Rektor UIN Mataram juga membahas terkait pentingnya Tracer Study, dimana semakin tinggi serapan alumni di tempat bekerja, semakin tinggi nilai akreditasi nantinya, beliau berharap agar alumni tetap menjaga silaturrahmi dengan pihak kampus khususnya FEBI UIN Mataram serta mengingatkan alumni agar melanjutkan study S2 baik di Pascasarjana UIN Mataram maupun kampus lain diluar.

Lulusan terbaik utama yang di yudisium hari ini berdasarkan SK nomor 317 Tahun 2023 yang dibacakan oleh Kepala Bagian Tata Usaha FEBI Bapak Saiful Bahri, S.Sos., adalah mahasiswa Sri Wahyuni dari program studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,79. Untuk terbaik masing-masing program studi berdasarkan SK nomor 318 Tahun 2023 diantaranya Sri Wahyuni dari Prodi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,79, Putri Dwipa Rahmani dari Prodi Perbankan Syariah dengan IPK 3,68 dan Muhamad Azhari dari Prodi Pariwisata syariah dengan IPK 3,78.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., juga menyampaikan sambutan terkait perubahan kecerdasan buatan (AI) akan menjadi kompetitor utama dalam masa mendatang, dengan harapan mahasiswa yang diyudisium hari ini harus mengupgrade diri untuk menghadapi kompetitor di tahun 2023 dengan cara lanjut Study S2 baik di Pascasarjana UIN Mataram maupun kampus luar.