Rabu, 22 Februari 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram gelar International Conference on Islamic Economics dengan tema “The Development of Halal Industry Ecosystem to Strengthen World Islamic Economy” menghadirkan 17 Presenter Call For Papers level Internasional dan nasional, keynote speaker Duta Besar RI untuk Mesir Bapak Dr. Lutfi Rouf, Bapak Ariza Fuadi, M.A selaku Dosen dari Universitas Diponegoro yang sedang melanjutkan Program Doktoral di GSID Nagoya University, Bapak K. Arief Jundullah, M.A., dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Polandia, Ibu Dr. Hj. Zulpawati, M.A selaku Kaprodi Ekonomi Syariah, turut hadir Wakil Rektor III UIN Mataram Bapak Dr. Subhan Abdullah Acim, M.A., mewakili Rektor UIN Mataram membuka agenda ini dengan khidmat diikuti oleh Head Of International Office Bapak Irwan, Ph.D dan seluruh Civitas Akademika FEBI UIN Mataram berlangsung secara hybrid, diikuti oleh ratusan peserta melalui Zoom Meeting dan offline di Ruang Aula FEBI UIN Mataram.

Dalam kegiatan ini, parallel sesion dibagi menjadi 3 sesi, menghadirkan presenter baik dari PTN, PTKIN dan PTKIS berjumlah 17 orang yang melakukan presentasi paper secara hybrid. Adapun mahasiswa FEBI juga ikut menjadi presenter dalam agenda ini.

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., selaku Chairman of ICIE 2023 dalam sambutannya menyampaikan keikutsertaan dari paralel sesion dalam agenda ini berasal dari luar negeri dan Indonesia dan berharap kedepannya hasil dari diskusi internasional terkait Halal Industry dari belahan dunia dapat menjadi referensi dan sesuatu yang bisa diimplementasikan baik di Lombok, Nasional maupun internasional.

Selanjutnya, Bapak Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., selaku Wakil Rektor III UIN Mataram mewakili Rektor UIN Mataram, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah menyelenggarakan International Conference ini dimana banyak membahas terkait industri halal. Berkenaan dengan hal tersebut, Beliau juga menyampaikan bahwa Nusa Tenggara Barat juga sudah dicanangkan oleh Gubernur akan membangun industri halal bertempat di Selong Belanak, Lombok Tengah harapan agar segera terwujud. Dengan acara ini juga dapat menjadi wadah diskusi tentang industri halal, menghadirkan kurang lebih 20 paper yang berkualitas dan merupakan bagian dari tanggungjawab akademik harus disampaikan ke khalayak umum dengan tujuan dapat memahami peran industri halal harus memiliki standarisasi (trust) yang bisa dipertanggungjawabkan baik di Indonesia dan Dunia.

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., selaku Dekan FEBI juga menyampaikan terima kasih kepada para presenter yang sudah ikut berkontribusi dalam hal pemikiran melalui paper yang akan dipresentasikan dalam agenda ini untuk memberikan ide/gagasan berkaitan dengan ekosistem industri halal. Ketika berbicara ekosistem, dibutuhkan strategi yang matang didukung dengan teknologi yang mumpuni di zaman sekarang. Beliau juga menyampaikan, seluruh paper yang telah di disubmit dalam agenda ini akan dibuat menjadi sebuah rekomenddasi dan dimuat dalam jurnal fakultas agar dapat diakses oleh khalayak umum dan juga sebagai sumbangsih dalam agenda yg dilakukan hari ini.