Select Page

Selasa, 15 November 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram gelar acara Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan dengan mengudang narasumber Ibu Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.S.I., selaku Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Bapak Dr. Najamuddin Amy, S.sos., M.M., selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Nusa Tenggara Barat turut dihadiri oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Ketua dan Sekretaris Program Studi Ekonomi Syariah Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah serta seluruh Staff Tenaga Kependidikan FEBI dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang bertempat di Ruang Aula FEBI lantai 1.

Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., menuturkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk direalisasikan guna mengingat pelayanan merupakan hal yang sangat urgent untuk menciptakan excellent services dengan mengundang narasumber yang sangat luar biasa, diantaranya Ibu Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.S.I memiliki jam terbang go public nasional dan internasional, sharing tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan Bapak Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M sebelumnya telah berkiprah di Humas Provinsi NTB,sharing terkait manajemen strategik. Beliau berharap semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga dapat diserap serta diimplementasikan sesuai dengan harapan kedepannya.

Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., dalam sambutannya menjelaskan Blueprint Roadmap UIN Mataram tidak hanya dosen saja yang di upgrade, akan tetapi unsur tenaga kependidikan juga perlu ditingkatkan agar terbangun sinergi antar civitas akademika UIN Mataram dengan platform peningkatan branding dan excellent service sehingga mampu menjadi partner in progress untuk civitas akademika yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan stakeholder terkait. Beliau meminta agar seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini secara maksimal dan diimplementasikan nantinya.

“Tetap upgrade diri sendiri dan implementasikan dalam rangka refresh keilmuan dibekali dengan 2 narasumber yang memiliki kapasitas yang baik”. Lanjut Rektor UIN Mataram. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan mendapatkan ilmu-ilmu baru agar tercipta layanan yang prima dan sebagai bahan pengayaan untuk melayani lebih dari 15.000 mahasiswa di UIN Mataram khususnya FEBI nantinya.

Selanjutnya, penyampaian materi oleh Ibu Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.S.I., menyampaikan materi tentang Functions of Public Relations. Beliau menjelaskan ada 6 kata kunci dalam memahami Public Relation, diantaranya: Deliberate (Setiap kegiatan dilakukan dengan sengaja dan terarah); Planned (Kegiatan Public Relation adalah kegiatan yang terorganisir secara rapi dan terencana, sistematis dan dilakukan berdasarkan analisis yang cermat berdasarkan riset); Performance (Public Relation yang efektif harus didasarkan pada kebijakan dan penampilan yang sesungguhnya); Public Interest (Public Relation bukan semata-mata membantu organisasi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya; Two-way Communication (Adanya pertukaran informasi antara organisasi dengan publiknya); Management Function (Public Relation juga ikut berperan dan membantu dalam mengarahkan kemana organisasi bergerak).

Berikutnya, penyampaian materi oleh Bapak Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M., dengan tema Manajemen Strategik. Beliau menjelaskan tentang Circle of Management dimana termasuk didalamnya Organisasi, Administrasi, Management, Leadership, Decision Maker dan Human Relation. Circle of Management ini sendiri memiliki 3 fungsi, diantaranya To Govern (Norma, Standar dan Prosedur); To Order (Standar Operasional Prosedur); dan To Manage (Financial, Keuangan dan Humas). Adapun proses manajemen strategis meliputi 6 tahapan, yakni (1) Identifikasi terkait Visi dan Misi serta Sasaran Organisasi; (2) Identifikasi kedua yakni Eksternal Organisasi dan Analisa Lingkungan Internal Organisasi; (3) Menetapkan Tujuan; (4) Merumuskan Strategi; (5) Melaksanakan Strategi; (6) Evaluasi Strategi.

ArabicEnglishIndonesian