Selasa, 28 Juni 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar agenda Seminar Digital Marketing bersama PT. Telekomunikasi Selular sekaligus penandatanganan nota kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak UIN Mataram dan PT. Telekomunikasi Selular dihadiri oleh Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Bapak H. Sapardi, M.M., seluruh jajaran Dekanat dan civitas akademika FEBI, mahasiswa total 350 peserta, turut hadir Bapak Grahito Amerta, ST., MM., MBA.,  selaku Manager Consumer Product Management Digital Advertising Planning and Transformation dan Narasumber dalam agenda ini, Bapak Yodi Bramanta selaku General Manager Telkomsel Branch Mataram dan tim, bertempat di Gedung Auditorium kampus II Universitas Islam Negeri Mataram.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI menjelaskan bahwa dengan program ini, memberikan keuntungan bagi UIN Mataram dan khususnya FEBI mengingat di zaman sekarang, di era digital ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, era digital ini bisa menjadi harapan (peluang) atau sebuah ancaman yang berdampak signifikan. Contohnya, tindakan yang dilakukan oleh Bank Indonesia di sektor keuangan dengan launching QRIS di UIN Mataram, tidak menutup kemungkinan juga di dunia pendidikan harus bertransformasi secara cepat seperti unggulan Kementerian Agama, transformasi teknologi digital, jika tidak dilakukan maka akan tersingkir dengan pemain baru yang bermunculan. Beliau mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk terus berinovasi dan lebih pandai dalam menata waktu serta berharap dengan kegiatan AICIS di Bali, Telkomsel Mataram bisa bersinergi dengan UIN Mataram dalam rangka men-support kegiatan tersebut agar berjalan lancar dan mampu menerapkan metaverse yang bisa dirasakan oleh civitas akademika diluar NTB, sehingga ada interaksi dan dialog yang maksimal.

Selanjutnya, Rektor UIN Mataram menegaskan bahwa UIN Mataram membuka diri untuk tetap bersinergi tanpa mendegradasi berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk hari ini dengan PT. Telkomsel yang akan menyambungkan kita dengan relasi yang lain. Beliau mengapresiasi kegiatan seperti ini dan memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh UIN Mataram diantaranya Hotel Syariah yang dimiliki oleh UIN Mataram dan Prodi Pariwisata Syariah. Beliau juga mengajak kepada seluruh civitas akademika UIN Mataram agar mampu bertransformasi ke digital.

Agenda dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UIN Mataram dengan PT. Telekomunikasi Selular meliputi: (1) Penyediaan, pengelolaan, pemeliharaan dan pengembangan fasilitas produk layanan telekomunikasi, broadband dan digital Telkomsel di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram; (2) Pelaksanaan Customer Education / Trasnfer Knowledge / Training yang terkait dengan telekomunikasi, broadband dan digital; (3) Penyelenggaraan kerjasama dalam bidang penelitian, pelatihan, seminar, kajian, inkubasi bisnis dan pelayanan; (4) Penyelenggaraan kerjasama lainnya dalam rangka mendukung proses dan kegiatan akademik khususnya melalui layanan telekomunikasi, broadband dan digital di lingkungan Universitas Islam Negeri Mataram.

Dalam kesempatan ini, penyampaian materi pertama oleh Wakil Dekan I FEBI dengan tema Effectivity & Literacy of Digital Marketing in Indonesia, membahas terkait peluang digital marketing di Indonesia dng pengguna internet sebanyak 204jt jiwa dari total 278jt penduduk Indonesia update April 2022. Beliau juga menyampaikan bentuk perlindungan konsumen di era digital, bersumber dari Bank Indonesia ada dari tiga sisi, yakni (1) Pengaturan yang harmonis mengenai perlindungan konsumen untuk keseluruhan kewenangan lembaga publik termasuk Bank Indonesia; (2) Komitmen mendorong terwujudnya keyakinan konsumen (consumer confidence)  dan pasar (market confidence) dalam menjaga stabilitas sistem keuangan guna mendorong pertumbuhan yang tinggi serta berkelanjutan; (3) Menjadikan perlindungan konsumen sejalan dengan perkembangan praktik terbaik internasional.

Penyampaian materi kedua oleh Bapak Grahito Amerto, ST., MM., MBA., dengan tema Scale Up Opportunity with Sharpening Digital Marketing  dengan point pembahasan (1) Digital Marketing Framework; (2) Audience & Persona Insight; (3) Content Marketing; (4) Social Media Strategy; (5) Influencer & Affiliate Marketing); (6) Best Practices; dan (7) Scale Up Your Digital Marketing Skills. Beliau juga berpesan akan membuka kelas copywriting  dan in-class training digital marketing sebagai output dari pelaksanaan kegiatan ini di Bulan Juli mendatang.