Rabu, 22 Juni 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan kegiatan Finalisasi Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) untuk rancangan kegiatan 4 tahun kedepan mengundang Narasumber Bapak Rosihan Aslihuddin, S.Sos., M.A.B., CRP selaku Staff Ahli Lembaga Penjaminan Mutu UIN Malang serta stakeholder dari Kantor Otoritas Jasa Keuangan (KOJK) NTB, PT. Bank Syariah Indonesia Cabang Mataram, Perwakilan PT. Bank NTB Syariah, Dinas Koperasi dan UMKM NTB, PT. Bank Muamalat, PT. Bank Syariah Mandiri dan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi NTB, turut hadir Wakil Rektor II Bapak Prof. Dr. H. Zaki, M.Pd., Wakil Dekan I Ibu Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhammad Yusup, M.S.I, Pimpinan Gugus Mutu FEBI, Dosen FEBI dan mahasiswa dari perwakilan Himpunan Mahaiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah dan Pariwisata Syariah bertempat di Hotel Prime Park Mataram.

Wakil Dekan I dalam sambutannya menjelaskan agenda ini sebagai ajang silaturrahmi akademik dalam rangka finalisasi penyusunan RENSTRA FEBI UIN Mataram. Rangkaian kegiatan ini berawal dari penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran FEBI bersama Bapak Prof. Dr. H. Sugeng Listiyo Prabowo, M.Pd bersama dekanat, prodi dan gugus mutu bertempat di Training Centre, Sabtu 23 April 2022. Rangkaian selanjutnya, berlanjut via aplikasi Zoom Meeting untuk pengawalan lebih lanjut pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 dan hari ini adalah finalisasi dari rangkaian kegiatan tersebut untuk melengkapi data-data renstra mulai dari visi, misi, tujuan dan sasaran, arah kebijakan, regulasi dan target kinerja dan pendanaan. Beliau berharap apa yang diikhtiarkan oleh FEBI dapat berjalan lancar sesuai rencana dan implementasinya bisa searah dengan Fakultas dan Prodi yang Unggul, Cendekia dan Terbuka.

Wakil Rektor II dalam sambutannya mewakili Rektor UIN Mataram, menegaskan bahwa perlu mereview kembali rencana induk pengembangan dari UIN Mataram yang sudah berumur 50thn dengan tahapan renstra universitas dapat diturunkan ke masing-masing fakultas khususnya di FEBI agar tercipta kesinambungan antara program di universitas dengan fakultas. Untuk saat ini, fokus utama dari universitas adalah peningkatan status akreditasi lembaga menuju unggul tentunnya didukung dengan sinergi dari berbagai lembaga dan instansi yang sudah dilakukan seperti pemerintah kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah. Akreditasi Program Studi di FEBI juga perlu ditingkatkan, sehingga dalam 4 tahun mendatang bisa mencapai level unggul yang akan berpengaruh secara langsung ke akreditasi universitas dengan kehadiran narasumber Bapak Rosihan Aslihuddin, bisa bantu mengawal renstra FEBI lebih baik dan terukur. Beliau berharap dengan agenda ini, cerminan dari UIN Mataram ada di FEBI, mengingat fakultas ini cukup agresif di bidang kerjasama dan akademik yang selanjutnya harus tetap dijaga dalam rangka penguatan kapasitas dan kapabilitas serta semoga ikhtiar yang dilakukan oleh FEBI dapat menular ke fakultas lain.

Selanjutnya, peyampaian materi terkait finalisasi penyusunan renstra oleh Bapak Rosihan Aslihuddin yang mengingatkan bahwa renstra ini diharapkan tidak hanya menjadi bagian dari dokumentasi dan penyajian tetapi juga perlu menjadi indikator dari proses pencapaian outcome dan impact. Terdapat beberapa perubahan dari draft yang telah diberikan oleh Tim FEBI kepada beliau yang selanjutnya banyak dibahas dalam agenda ini. Data-data dalam draft renstra perlu dilengkapi untuk menetapkan posisi FEBI untuk beberapa tahun kedepan, mulai dari struktur organisasi FEBI yang harus sesuai dengan peranannya, aplikasi berbasis perbankan harus ada di Laboratorium Mini-Bank FEBI, capaian luaran terhadap pengembangan program studi dari kerjasama FEBI seperti join research dengan lintas universitas perlu dituangkan ke dalam renstra dan beberapa point yang harus dirundingkan oleh masing-masing program studi guna finalisasi hal ini dalam waktu 1 minggu kedepan. (SA)