Select Page

Kamis, 6 Oktober 2022. Indonesian Tour Leader Moslem Association (ITMA) Pusat silaturrahmi ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram, dihadiri oleh Ketua ITMA Pusat Bapak H.R. Iman Kadarisman, M.M., bersama tim ditemani Dekan FEBI UIN Mataram Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan II Bapak Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Bapak Dr. Muhamad Yusup, M.Si., Kabag TU Bapak H. Sanusi, M.M., bertempat di Ruang Aula FEBI UIN Mataram.

Bapak H.R. Iman Kadarisman, M.M., mengucapkan terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk silaturrahmi dan menyampaikan tujuan kedatangan ke FEBI UIN Mataram guna pengembangan jaringan dari institusi pendidkan layaknya yang sudah dilakukan bersama UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan UIN Walisongo Semarang selaras dengan tujuan pemerintah tentang Tourism Friendly dan Moslem Friendly, besar harapan bisa melakukan kerjasama dan tatakelola melalui MoU dengan FEBI UIN Mataram. ITMA sendiri memiliki program khusus di bidang biro wisata, tour leader dan tour guide, pembimbing haji umroh tentunya dibawah Kemenparekraf dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) memiliki tanggungjawab untuk sertifikasi hal tersebut. Beliau berharap, mahasiswa FEBI di semester tiga khususnya Program Studi Pariwisata Syariah menjadi garda terdepan mengenai tour leader, ticketing dan manajemen haji umroh tentunya didukung kompetensi dari ITMA nantinya.

Penandatanganan MOU antara FEBI UIN Mataram dengan Perkumpulan Pimpinan Perjalanan Muslim Indonesia (ITMA) tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bapak Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menyampaikan hal ini merupakan peluang besar dan sangat prospektif bagi FEBI UIN Mataram khususnya peningkatan kompetensi mahasiswa program studi pariwisata syariah dibekali dengan Laboratorium Entrepreneur, Hotel Syariah dengan 30 kamar dan difasiliatasi dengan kitchen set halal food, menyatakan siap bersinergi demi kebaikan lembaga dengan harapan bisa menjawab tantangan zaman saat ini. FEBI UIN Mataram sebelumnya sudah melakukan sowam ke Bapak Miftahul Aziz, M.H., selaku Wakil Ketua BNSP yang rencananya akan diundang ke FEBI UIN Mataram di bulan November mendatang. Beliau juga menerangkan, FEBI sebelumnya sudah melakukan MoU dengan asosiasi wisata halal Bapak Riyanto Sofyan, MBA., selaku ketua PPHI (Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia). Kedepannya, tidak hanya progarm studi pariwisata syariah saja, namun program studi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah juga akan dilibatkan nantinya.

ArabicEnglishIndonesian