Jum’at. 16 Desember 2022. Universitas Islam Negeri Mataram menggelar acara Seminar Nasional dengan tema Penguatan dan pengembangan Akademik Kelembagaan Menuju Keunggulan, menghadirkan Narasumber dari Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Bapak Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D., bertempat di Ruang Kuliah S3 Pascasarjana UIN Mataram turut didampingi oleh Wakil Rektor I UIN Mataram, Bapak Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., dan seluruh Wakil Dekan I, II, III Fakultas Ketua Program Studi baik program Strata-1 dan Pascasarjana.

Dalam kegiatan ini, Bapak Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D., menerangkan kegiatan ini dalam rangka membangun tradisi akademik dengan menjadikan Perguruan Tinggi sebagai komunitas ilmiah (Academic Community) diantaranya, pengajaran yang melahirkan sarjana berkualitas, penelitian yang melahirkan novelty, pengembangan dan produksi ilmu pengetahuan, inovasi teknologi dan penulisan serta penerbitan jurnal ilmiah.

Selanjutnya, urgensi terhadap penataan kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus memiliki roadmap yang jelas, termasuk strategi peningkatan kualitas dan output yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu disertai dengan pengembangan bidang keilmuan yang akan menjadi fokus bidang unggulan dan dibutuhkan pada pembangunan di tingkat global, nasional dan daerah.

Beliau juga mengutarakan perlunya mengantisipasi dampak digital terhadap perubahan lanskap lapangan kerja salah satunya dengan Competency-based education guna mengejar skills gap. Untuk dilingkungan PT diperlukannya mobilisasi dosen dan mahasiswa antarnegara didampingi dengan metode baru dalam pembejalaran baik secara online, hybrid dan in-person serta kompetisi lintas kampus antar negara.