Jum’at, 8 Desember 2022. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram terima kunjungan dari FEBI IAIN Pontianak dalam rangka Benchmarking dan Kerjasama antar kedua fakultas dihadiri oleh Dr. Samsul Hidayat, M.A., selaku Dekan FEBI IAIN Pontianak didampingi oleh Dewi Puryanti selaku Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan Nun’abidah selaku Analis Pengembang Teknologi Pembelajaran, turut hadir Dekan FEBI UIN Mataram Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Wakil Dekan I Dr. Baiq El Badriati, M.E.I., Wakil Dekan II Dr. Khairul Hamim, M.A., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Yusup, M.S.I., Kaprodi dan Sekprodi Ekonomi Syariah Perbankan Syariah dan Pariwisata Syariah, Tim Pengelola Jurnal dan Tim Gugus Mutu FEBI bertempat di Ruang Aula FEBI.

Dr. Samsul Hidayat, M.A., menyampaikan tujuan dari FEBI IAIN Pontianak berkunjung ke FEBI UIN Mataram, yakni membangun sinergitas dalam bentuk kerjasama yang harapannya dalam waktu yang singkat bisa terlaksana, diantaranya, Program MBKM yang dimana indikator yang berkaitan dengan kurikulum kegiatan magang mahasiswa antar lintas fakultas; Guest Lecturer yang dinilai sangat penting tentunya dengan kesepakatan antar fakultas Dosen dan materi apa yang relevan dan dibutuhkan untuk dihadirkan di FEBI IAIN Pontianak. Kegiatan tersebut sangat penting bagi kemajuan FEBI IAIN Pontianak, dengan melibatkan mahasiswa dan dosen serta dikolaborasikan dengan beberapa kolega dari Brunei dan Malaysia mengusung kearifan lokal masing-masing wilayah dalam bentuk joint reseacrh kedepan dan harapan dari Dekan FEBI IAIN Pontianak bisa dieksekusi dalam waktu dekat.

Penandatangan MoU FEBI IAIN Pontianak dengan FEBI UIN Mataram

Selanjutnya, adapun tujuan dari benchmarking ini untuk mengetahui bagaimana prospek terhadap Program Studi Pariwisata Syariah yang dianggap layak untuk ditiru oleh FEBI IAIN Pontianak dalam rangka pembentukan Program Studi Baru nantinya. Rencana di tahun depan, FEBI IAIN Pontianak juga akan membuka Program Studi baru yakni Bisnis Digital sebagai amanah dari masyarakat terkait digitalisasi di semua lini guna mempersiapkan dunia kerja yang lebih matang kaitannya dengan teknologi. Beliau berharap dengan kerjasama yang terjalin ini nantinya, FEBI IAIN Pontianak dan FEBI UIN Mataram bisa saling support untuk tumbuh kembang dan maju bersama.

Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., merespon kunjungan FEBI IAIN Pontianak sebagai solusi di era digital seperti sekarang, sudah semestinya saling bersinergi didukung dengan media teknologi sebagai jembatan untuk mengimplementasi yang sudah disepakati bersama nantinya. Beliau berharap di bulan Januari tahun 2023, FEBI UIN Mataram dan FEBI IAIN Pontianak bisa merancang seminar yang dilakukan oleh pengelola jurnal antar lintas fakultas dan bersifat kesinambungan guna proses akeselarasi akreditasi jurnal antar kedua fakultas serta mengadakan pertemuan pengelola jurnal dengan kolega seperti Malaysia dan Brunei untuk hal tersebut. Selain kegiatan seminar, untuk program magang di tahun depan, FEBI UIN Mataram akan merancang 2 mahasiswa di masing-masing Program Studi untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke Malaysia bersamaan dengan FEBI IAIN Pontianak.